Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Petugas Medis Malaysia Beri Semangat ke Petugas Kesehatan Indonesia Lawan Virus Corona

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 620 2221569 viral-petugas-medis-malaysia-beri-semangat-ke-petugas-kesehatan-indonesia-lawan-virus-corona-YnrJr4JFCc.jpg Petugas kesehatan Malaysia beri semangat ke petugas medis Indonesia lawan corona. (Foto/Twitter)

JAKARTA – Foto-foto yang memperlihatkan petugas medis Malaysia memberi semangat kepada petugas kesehatan Indonesia viral di media sosial. 

Akun Twitter @anthraxxxx membagikan tiga foto yang menunjukkan petugas medis Malaysia mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Unggahan diposting pada Kamis, 28 Mei 2020. 

Salah satu foto memperlihatkan seorang petugas medis berpose membelakangi orang yang mengabadikannya. Ia mengenakan pakaian APD dengan coretan, “kami sokong (dukung) #IndonesiaBisa dari Frontliner Malaysia”. 

Foto lainnya menunjukkan petugas medis dengan tulisan di APD, “JANGAN PUTUS ASA!!! Kita pasti menang #IndonesiaBisa #dari Frontliner Malaysia”. 

Foto terkakhir terlihat seseorang yang mengenakan APD. Terlihat kalimat tertulis di sarung tangannya, “Kita Pasti Bisa”. 

Hingga Jumat (29/5/2020) postingan sudah dibagikan sebanyak lebih 24 ribu kali dan disukai lebih 29 ribu.

Foto/Twitter

Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jawa Timur, dr Kohar Hari Santoso saat jumpa pers pada Kamis, 28 Mei malam, mengatakan sebanyak 135 petugas medis di Jatim terinfeksi virus corona. 

Dari 135 tenaga medis yang terpapar Covid-19 itu terdiri dari 62 perawat yang dinyatakan positif Covid-19, dua perawat meninggal dunia, 28 lainnya sedang dirawat, sisanya menjalani isolasi mandiri. 

Sedangkan tenaga dokter yang terpapar Covid-19 sebanyak 47 dokter, tiga dokter diantaranya meninggal dunia, 23 dokter menjalani perawatan medis, sisanya menjalankan isolasi mandiri. 

Juru Bicara Satgas Pengendalian Infeksi Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule pada Selasa, 26 Mei mengatakan, 34 petugas kesehatan di Papua positif Covid-19, setelah terpapar dari pasien yang mereka tangani dan dirawat di rumah sakit. 

Mural Dukungan untuk Tenaga Medis saat Pandemi Corona 

Ke-34 petugas kesehatan yang terpapar Covid-19 berasal dari lima kabupaten/kota yaitu Merauke, Mimika, Jayawijaya, Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura. 

Sedangkan di Jakarta, data yang tercatat pada 8 April, sebanyak 130 orang tenaga medis atau tenaga kesehatan positif terinfeksi virus corona. 

Sementara di Malaysia, Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan (Depkes), Datuk Dr Noor Hisham Abdullah pada 12 Mei, mengatakan sebanyak 65 petugas kesehatan telah terinfeksi Covid-19. 

"Total 11.470 petugas kesehatan diperiksa, di mana 65 ditemukan positif untuk Covid-19,” katanya mengutip New Strait Times.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini