Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dortmund vs Hertha Berlin, Jadon Sancho Dkk Suarakan Anti-Rasisme

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 07 Juni 2020 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 07 620 2225767 dortmund-vs-hertha-berlin-jadon-sancho-dkk-suarakan-anti-rasisme-jNZa5pRMzI.jpg Jadon Sancho suarakan anti-rasisme. (Foto: Istimewa)
A A A

DORTMUND – Para pemain Borussia Dortmund terus menggalakkan aksi anti-rasisme, terutama setelah pria berkulit hitam asal Amerika Serikat, George Floyd, meninggal dunia pada Senin 25 Mei 2020. Setelah meninggalnya George Floyd, setidaknya sudah dua kali personel Die Borussen –julukan Dortmund– menyuarakan kecamannya atas aksi yang tidak layak dilakukan tersebut.

Aksi pertama tersaji saat Dortmund menang 6-1 atas Paderborn pada Minggu 31 Mei 2020. Kala itu setelah mencetak gol, Jadon Sancho dan Achraf Hakimi melepas jersey kebesaran mereka. Setelah melepas jersey tersebut, Sancho dan Hakimi menunjukkan tulisan di kaus mereka yang bertuliskan “Keadilan untuk George Floyd”.

Roma Burki

(Roman Burki, suarakan anti-rasisme)

Awalnya, Federasi Sepakbola Jerman (DFB) hendak memberi hukuman kepada Sancho dan Hakimi karena dinilai telah menyampaikan pesan politik. Sekadar informasi, hal yang dilakukan Sancho dan Hakimi berseberangan dengan aturan yang dibuat International Football Association Board (IFAB).

BACA JUGA: Dortmund vs Hertha Berlin 1-0, Brandt: Kami Ambil Langkah Besar

Hanya saja, DFB akhirnya tidak jadi melakukan investigasi karena mendukung betul aksi anti-rasisme. Karena sudah mendapatkan lampu hijau dari DFB itulah, skuad Dortmund kembali melakukan aksi anti-rasisme jelang laga kontra Hertha Berlin pada Minggu (7/6/2020) dini hari WIB. Sebelum pertandingan, seluruh pemain mengenakan baju yang mendukung penuh anti-rasisme.

Follow Berita Okezone di Google News

Sancho dan Hakimi mengenakan baju bertuliskan: “Tidak ada keadilan, tidak ada kedamaian”. Sementara itu kiper Dortmund, Roman Burki, membahas warna yang biasanya identik dengan kulit. Dalam tulisan yang ada di bajunya, tidak ada warna putih, hitam, kuning dan merah karena semuanya adalah manusia.

Terlepas dari itu, Dortmund mengakhiri pertandingan atas Hertha Berlin dengan kemenangan. Dortmund menang 1-0 atas Hertha Berlin via gol yang dicetak Emre Can pada menit ke-57.

Berkat kemenangan ini, Dortmund menjaga asa merebut trofi Liga Jerman 2019-2020. Saat ini setelah menjalani 30 pertandingan, Dortmund mengoleksi 63 angka, terpaut tujuh poin dari Bayern Munich di puncak klasemen Liga Jerman 2019-2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini