Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Meninggal, IDI Jatim: Dokter Harus Disiplin pada Protokol Kesehatan

Deni Irwansyah, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 620 2230974 8-meninggal-idi-jatim-dokter-harus-disiplin-pada-protokol-kesehatan-0gLyszUJZb.jpg Ketua IDI Jatim Sutrisno meminta seluruh dokter patuh terhadap protokol kesehatan/Foto tangkapan layar (Deni Irwansyah-iNews)

SURABAYA - Ikatan Dokter Indonesia wilayah Jawa Timur (IDI Jatim) meminta seluruh dokter patuh dengan protokol kesehatan. Kedisiplinan mutlak harus diterapkan bagi seluruh dokter yang menangani pasien virus corona atau Covid-19.

Seruan IDI Jatim ini terkait meninggalkan dua dokter, yakni Dokter Dibyo Hardjanto di Bangkalan dan Dokter Deny Dwi Yuniarto di Sampang. Hingga saat ini, delapan dokter di Jawa Timur yang meninggal karena terpapar Covid-19.

Selain meninggal, IDI mencatat 61 dokter yang terpapar Covid-19 dari berbagai rumah sakit di Jawa Timur. Untuk itu, dokter yang bertugas menangani covid-19, khususnya di Jawa Timur disiplin dalam bekerja dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Istri Dokter Miftah yang Meninggal karena Covid-19 Ikut Tertular Corona

Kemudian meminta seluruh manajemen rumah sakit memberikan perhatian lebih kepada para dokter yang bertugas.

"Di Jawa Timur ada 25.300 dokter. Perlu diingat, perjuangan melawan Covid-19 akan berlangsung lama. Kenapa? Karena penularan terus bertambah. Di Jawa Timur, penularannya tinggi bahkan bisa melampui Jakarta," kata Ketua IDI Jatim Sutrisno, Selasa (16/6/2020).

Sutrisno meminta kerja sama baik seluruh elemen, mulai para pimpinan daerah, sekolah dan lembaga pendidikan serta masyarakat bersama-sama menjadi pion utama melakukan disiplin protokol kesehatan. Kemudian menjadikan kebiasaan baru, di masa kenormalan baru atau new normal.

(fmh)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini