Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terseok-seok di Awal, Gattuso Sumbang Trofi Coppa Italia untuk Napoli

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 620 2232057 terseok-seok-di-awal-gattuso-sumbang-trofi-coppa-italia-untuk-napoli-4aJexraBlg.jpg Gennaro Gattuso bawa Napoli juara Coppa Italia 2019-2020. (Foto: @sscnapoli)
A A A

ROMA Gennaro Gattuso meraih trofi pertamanya semenjak menjalani profesi sebagai pelatih profesional. Trofi pertama didapat setelah Gattuso mengantarkan Napoli juara Coppa Italia 2019-2020 setelah di partai puncak menumbangkan Juventus dengan skor 4-2 via adu penalti!

Sebelum pertandingan digelar, tidak ada yang menjagokan Napoli akan menang atas Juventus. Sebab, secara materi pemain, kualitas personel si Nyonya Tua masih di atas skuad Partenopei –julukan Napoli.

Napoli vs Juventus

Akan tetapi, Gattuso sanggup membalikkan semua prediksi hingga akhirnya Napoli mengalahkan Juventus via adu tendangan penalti. Keberhasilan Gattuso memberikan trofi Coppa Italia bagi Napoli juga mengagetkan banyak pihak. Sebab, di masa awal menangani Napoli, Gattuso kesulitan mengembangkan potensi Lorenzo Insigne dan kawan-kawan.

Gattuso diangkat sebagai pelatih Napoli pada 11 Desember 2019, menggantikan posisi Carlo Ancelotti. Pelatih 42 tahun itu awalnya diprediksi takkan lama menangani Napoli. Sebab, dalam enam laga awal di bawah penanganan Gattuso, Dries Mertens dan kawan-kawan hanya mendapatkan dua menang dan empat kalah!

Meski mendapatkan hasil buruk, pemilik Napoli Aurelio de Laurentiis tidak hilang kepercayaaan kepada Gattuso. Ternyata, kepercayaan yang diberikan De Laurentiis dibayar tuntas oleh Gattuso.

BACA JUGA: Terpaut Pengalaman Melatih 23 Tahun, Jumlah Trofi Gattuso dan Sarri Setara

Dalam 11 laga setelahnya, Napoli mendapatkan hasil positif dengan mengoleksi delapan menang, dua imbang dan satu kalah! Hebatnya dalam delapan kemenangan tersebut, beberapa di antaranya didapatkan atas tim kuat. Sebut saja menaklukkan Lazio (1-0, perempatfinal Coppa Italia), Inter Milan (1-0, leg I semifinal Coppa Italia) dan Juventus.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk Juventus, Gattuso memberi kekalahan kepada raksasa Italia itu sebanyak dua kali, tepatnya di pekan ke 21 Liga Italia (2-1) dan partai puncak Coppa Italia dini hari tadi. Meski begitu, tugas Gattuso bersama Napoli belum berakhir.

Setidaknya ada dua misi yang masih diemban Gattuso musim ini, yakni membawa Napoli finis di posisi empat besar Liga Italia, plus mengantarkan Partenopei melaju jauh di Liga Champions 2019-2020. Di Liga Italia, Napoli saat ini tertahan di posisi enam dengan koleksi 45 angka, tertinggal sembilan poin dari Atalanta di posisi keempat.

Sementara di Liga Champions, Napoli akan menghadapi Barcelona di leg II babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 pada 7 atau 8 Agustus 2020. Sebelumnya di pertandingan pertama, Napoli dan Barcelona bermain 1-1 di Stadion San Paolo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini