Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Menjadi Gelandang Bertahan Tangguh dari Marc Klok

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 04 Juli 2020 20:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 620 2241260 tips-menjadi-gelandang-bertahan-tangguh-dari-marc-klok-g1sKGMJq0Z.jpg Marc Klok. (Foto/Persija)
A A A

JAKARTA – Pemain Persija Jakarta, Marc Klok, memberikan tips untuk menjadi gelandang bertahan yang tangguh. Klok mengungkapkan yang utama sebagai gelandang bertahan berkulitas adalah fisik prima.

Klok merupakan salah satu pemain rekrutan terbaru Macan Kemayoran –julukan Persija. Ia didatangkan Persija dari PSM Makassar pada 2020. Sejak tiba, ia menjadi andalan tim di sektor tengah. Baik dalam posisi bertahan ataupun menyerang.

Foto/Marc Klok

Baca juga: Teco Kasih Perhatian ke Marko Simic, Tanda Dibawa ke Bali United?

Baca juga: Kerupuk, Makanan Indonesia yang Jadi Favorit Marco Motta

Menurut Klok, ada tiga kunci untuk menjadi gelandang bertahan yang tangguh. Pertama, gelandang bertahan harus memiliki naluri bertahan. Hal itu penting karena gelandang bertahan harus menghentikan penyerang lawan, agar tidak memberikan umpan atau mencetak gol.

Kedua, setiap gelandang bertahan harus mempunyai kemampuan operan bola yang baik. Pasalnya, gelandang bertahan juga punya tugas mengalirkan bola dari bek kepada penyerang.

“Terakhir body shape (bentuk tubuh) juga harus bagus. Saat menerima umpan dari pemain belakang (harus) bisa banyak memiliki opsi yang banyak untuk bisa kirim umpan ke teman,” ungkap Klok mengutip dari laman Persija, Sabtu (4/7/2020).

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, pemain berusia 26 tahun ini menekankan gelandang bertahan harus memiliki stamina prima. Hal ini juga sangat penting, karena gelandang bertahan harus bermain baik selama 90 menit. Menurutnya, tugas gelandang bertahan sangat berat karena harus turun-naik sepanjang pertandingan bergulir.

“Tentu jika itu (stamina) tidak punya, kita tidak bisa berfungsi optimal terutama mempengaruhi permainan kita yang mudah lelah. Untuk mendapatkan stamina yang bagus, saya sarankan kamu latihan bisa ditambah di gym, bisa juga dari makanan maupun pola tidur yang baik,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini