Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gattuso Enggan Komentari Penalti di Laga Napoli vs Milan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 620 2245411 gattuso-enggan-komentari-penalti-di-laga-napoli-vs-milan-3ppi0nH0yl.jpg Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso (Foto: Twitter Napoli)

NAPLES – Pertandingan Napoli kontra AC Milan di giornata ke-32 Liga Italia 2019-2020 berakhir dengan skor imbang 2-2. Dalam pertandingan yang berlangsung Senin (13/7/2020) dini hari WIB tersebut, Milan mendapat hadiah penalti untuk menyamakan kedudukan.

Pada saat itu, Napoli telah unggul 2-1. Akan tetapi, pada menit ke-70 wasit menilai Nikola Maksimovic melakukan pelanggaran terhadap Giacomo Bonaventura di kotak terlarang. Maka dari itu sang pengadil langsung menunjuk titik putih.

Franck Kessie yang maju sebagai algojo tak menyia-nyiakan peluang tersebut untuk mengubah papan skor menjadi 2-2. Meski kemudian penalti tersebut menjadi perdebatan oleh sejumlah pihak, namun Gattuso enggan memberikan komentar.

Baca juga: Napoli vs Milan Berakhir Imbang, AS Roma yang Menang

Franck Kessie

"Jangan tanya saya tentang penalti, karena saya tidak akan memberikan jawaban. Anda yang menjadi hakim,” ujar Gattuso, seperti dikutip dari Football Italia, Senin (13/7/2020).

Belakangan ini, hukuman penalti sejatinya tengah menjadi sorotan di Liga Italia. Sebab, wasit dinilai terlalu mudah menunjuk titik putih, utamanya ketika seorang pemain melakukan handball. Hal inilah yang kemudian dikritisi Gattuso.

Berdasarkan regulasi yang ada di Liga Italia sekarang, seorang pemain dinyatakan melakukan handball jika tangan pemain tersebut bersentuhan dengan bola. Menurut Gattuso, regulasi tersebut harus diperbaiki.

Pasalnya, dalam banyak kasus belakangan ini, handball yang dilakukan pemain adalah sesuatu yang tidak disengaja. Dalam artian, pemain tersebut sebenarnya tak bermaksud menyentuh bola menggunakan tangannya. Hanya saja, bola memang datang ke arah tangan si pemain dan mereka tak bisa menghindari sentuhan tersebut.

Sebagai mantan pesepakbola, Gattuso sadar bahwa hal yang sulit bagi seorang pemain untuk melompat sambil menyembunyikan tangannya. Maka dari itu, dalam situasi tersebut sering terjadi handball karena si pemain mengalami kesulitan untuk mengontrol tangannya.

“Adapun mengenai handball, saya tidak bisa memikirkan seorang pemain yang melompat atau bergerak dengan tangan di belakang punggungnya. Ini adalah olahraga yang berbeda. Saya pikir kami telah mencapai rekor di Liga Italia untuk penalti yang diberikan karena handball dan regulasinya perlu diubah,” tutur Gattuso. (13/7/2020).

“Kami yang memainkan olahraga tahu bahwa Anda membutuhkan lengan Anda ketika melompat. Sudah ada pembicaraan konstan tentang hal ini selama dua tahun dan sepertinya tidak ada yang berubah,” lanjut Gattuso.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini