Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Besok Hari Pramuka, Kamu Harus Tahu 5 Fakta Menariknya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 620 2261826 besok-hari-pramuka-kamu-harus-tahu-5-fakta-menariknya-SWqEGmowZM.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

HARI Pramuka selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tanggal 14 Agustus. Pramuka adalah salah satu kegiatan yang sering diajarkan sejak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Banyak kegiatan pramuka yang menyenangkan dan menjadi kenangan indah bagi anak-anak sekolah. Selain itu, kegiatan pramuka ini memiliki makna dan juga fakta-fakta menarik seputar Hari Pramuka.

Merangkum dari Scouts, Kamis (13/8/2020), berikut beberapa fakta menarik Hari Pramuka yang bisa Anda simak.

Baca Juga: Body Goals Mama Muda Celine Evangelista Pakai Bikini, Saingan Nia Ramadhani Nih!

1. Makna pramuka

 pramuka

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

2. Tingkatan pramuka

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka. Adapun tingkatan pramuka meliputi: Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun).

3. Memiliki kelompok anggota khusus

Selain memiliki tingkatan berdasarkan usia, pramuka juga memiliki kelompok anggota lainnya yang terdiri dari: Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir, dan Majelis Pembimbing.

Baca Juga: 4 Gaya Manja Celine Evangelista Ngasuh Anak, Buat Papa Muda Makin Pusing

4 Gaya Manja Celine Evangelista Ngasuh Anak, Buat Papa Muda Makin Pusing4 Gaya Manja Celine Evangelista Ngasuh Anak, Buat Papa Muda Makin Pusing

4. Menjadi proses pendidikan di luar lingkungan sekolah

pramuka

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga. Pramuka dikemas dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka.

Prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan memiliki sasaran akhir dalam pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur.

5. Merupakan sistem pendidikan untuk perkembangan masyarakat

Selain berperan sebagai pembentukan karakter individu, kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini