Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Legenda Brasil Lebih Pilih Maradona ketimbang Messi

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 22:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 620 2262536 legenda-brasil-lebih-pilih-maradona-ketimbang-messi-uzpyByCIe3.jpg Lionel Messi (Foto: Media Barcelona)
A A A

BARCELONA – Salah satu perdebatan yang tidak akan pernah berakhir dalam dunia sepakbola adalah mengenai perbandingan mana yang lebih hebat antara Lionel Messi dan Diego Maradona. Maklum saja, pasalnya kedua pesepakbola itu berjaya di era yang berbeda.

Tak ayal, setiap orang pun memiliki jawabannya masing-masing untuk perbandingan tersebut. Kendati demikian, bagi legenda sepakbola Brasil, Zico, menurutnya Maradona masih lebih hebat jika dibandingkan dengan Messi.

Bila bicara di level klub, Maradona dan Messi dinilai Zico setara lantaran telah sama-sama memberikan kontribusi besar hingga meraih kejayaan. Akan tetapi, jika bicara soal tim nasional, menurutnya Maradona lebih baik karena bisa mengantarkan Argentina juara Piala Dunia.

Baca juga: CEO Bayern Pede Alphonso Davies Bakal Matikan Messi

Diego Maradona

Selain itu, Maradona juga dinilai Zico selalu berada di tim dengan para pemain yang biasa-biasa saja. Saat bersama Napoli, Maradona bisa dibilang tak memiliki rekan yang luar biasa. Begitu pun saat membela Argentina, di mana Maradona menjadi satu-satunya pemain yang diandalkan.

Hal tersebut tentunya berbeda dengan Messi, yang selalu dikelilingi para pemain hebat, baik di Barcelona maupun tim nasional. Saat di Barca, Messi memiliki rekan-rekan hebat seperti Andres Iniesta dan Xavi Hernandez. Begitu pun di Timnas Argentina dengan Sergio Aguero dan Angel Di Maria.

“Saya masih mempertimbangkan Maradona di depan Messi. Karena, saya pikir Maradona bermain, seperti di masa kita, dengan seorang pemain di punggungnya sepanjang waktu. Maradona telah melakukan banyak hal untuk klubnya, seperti yang dilakukan Messi, dan untuk tim nasional Argentina. Tapi, Maradona adalah juara dunia,” ungkap Zico, menyadur dari Goal, Jumat (14/8/2020).

"Maradona selalu menonjol di kompetisi besar, dan di saat ketika Argentina bukan favorit dengan begitu banyak bintang seperti sekarang ini, di mana mereka memiliki para pemain top di tim-tim besar Eropa,” lanjutnya.

“Saya pikir dia tidak bermain di tim seperti Messi bermain untuk Barcelona. Dia tidak memiliki Gerard Pique, Andres Iniesta, Luis Suarez, Xavi atau Neymar di sampingnya seperti yang dimiliki Messi," jelas Zico.

Follow Berita Okezone di Google News

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini