Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pirlo Ingin Tiru Semangat Juventus Asuhan Conte

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 620 2267855 pirlo-ingin-tiru-semangat-juventus-asuhan-conte-KY6mdXqYuV.jpg Andrea Pirlo ingin skuad Juventus asuhannya tampil bergairah (Foto: Juventus)

TURIN – Setelah dinanti-nanti, akhirnya Andrea Pirlo berbicara di hadapan media sebagai pelatih anyar Juventus. Pria asal Italia itu langsung menyatakan ingin mebuat skuad asuhannya seperti ketika dilatih Antonio Conte pada 2011-2014.

Sebagaimana diberitakan, Andrea Pirlo ditunjuk sebagai pelatih anyar Juventus pada 8 Agustus 2020. Ia ditunjuk untuk mengisi kursi yang ditinggalkan oleh Maurizio Sarri. Pria berkebangsaan Italia itu dipecat usai Bianconeri disingkirkan oleh Olympique Lyon pada 16 Besar Liga Champions 2019-2020.

Pengangkatan tersebut terjadi hanya sepekan setelah Andrea Pirlo diresmikan sebagai pelatih Juventus U-23. Walau masih minim pengalaman, Manajemen Si Nyonya Tua melihat ada sesuatu yang bisa dibawa pria berusia 41 tahun tersebut ke dalam skuadnya.

Baca juga: Bicara soal Taktik, Pirlo: Saya Tidak Punya Formasi Tetap

Andrea Pirlo memberi arahan kepada skuad Juventus (Foto: Juventus)

Pada konferensi pers pertamanya, Andrea Pirlo bertekad membuat skuad Juventus memiliki gairah dan kohesi yang kuat seperti ketika di bawah asuhan Antonio Conte. DNA kerja keras dan kemauan untuk berkorban dianggap hilang dalam beberapa musim terakhir.

“Mungkin kami bisa mencapai level gairah dan kohesi seperti itu lagi. Itu yang ingin saya kembalikan, kerja keras dan saling berkorban untuk satu sama lain. Hanya dengan cara itu kami bisa mencapai tujuan-tujuan,” papar Andrea Pirlo, dikutip dari Goal, Rabu (26/8/2020).

“Saya ingin membawa kembali antusiasme, sesuatu yang hilang belakangan ini. Saya ingin mengenalkan sepakbola proaktif, mendominasi laga, seperti yang sudah saya katakan kepada anak-anak,” imbuh pria kelahiran Flero tersebut.

Juventus asuhan Antonio Conte memang menunjukkan penampilan yang gigih dan pantang menyerah. Ia sukses membawa tim berkostum hitam putih itu tidak terkalahkan pada musim perdananya, 2011-2012, dan menggondol scudetto tiga musim beruntun hingga 2014.

Andrea Pirlo sendiri menjadi gelandang andalan Antonio Conte pada 2011-2014. Ia merasakan sendiri bagaimana Antonio Conte mampu menularkan semangat dan gairah tinggi akan kemenangan kepada anak-anak asuhnya.

Andrea Pirlo pernah merasakan tangan dingin Antonio Conte

Keinginan Andrea Pirlo tersebut kemungkinan besar sedikit terganjal ketika berada di atas lapangan. Sebab, dirinya masih belum memiliki lisensi UEFA Pro yang disyaratkan untuk melatih klub-klub Serie A. Andrea Pirlo saat ini baru berbekal lisensi kepelatihan UEFA A.

Sertifikat itu hanya memungkinkannya memimpin tim pada sesi latihan, tetapi tidak di bangku cadangan. Sosok yang boleh berdiri di area teknik pertandingan hanya pelatih yang mengantongi lisensi UEFA Pro. Karena itu, instruksi, arahan, atau teriakan pemberi semangat tidak bisa diberikan di lapangan pertandingan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini