Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produk UMKM di Sektor Kesehatan Jadi Favorit di Masa Covid-19

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 620 2274314 produk-umkm-di-sektor-kesehatan-jadi-favorit-di-masa-covid-19-NEsol35LIf.jpg Rupiah (Shutterstock)
A A A

JAKARTA – Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak Maret 2020 kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan menjadi tinggi. Alhasil, sebagian orang lebih memilih menggelontorkan uang untuk yang lebih bermanfaat seperti membeli vitamin, masker dan produk herbal.

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina (Persero) Tajudin Noor mengatakan, berdasarkan pantauan Pertamina terhadap UMKM binaannya, kini yang paling banyak permintaan adalah mereka yang bergerak di bisnis kesehatan. Misalnya pembuatan masker, produk herbal dan jeni-jenis vitamin untuk menambah imun tubuh.

 Baca juga: Asyik, Ekspor Produk UMKM Diberikan Kredit Bunga Ringan

“Ini adalah salah satu produk yang laku di masa pandemic,” kata Tajudin dalam pembukaan acara Smexpo 2020 secara daring, Selasa (8/9/2020).

Meski permintaan produk di sektor kesehatan terbilang cukup tinggi, dia menyayangkan pelaku UMKM itu masih belum mampu mengekspor barangnya untuk bersaing di pasar internasional. Sebab, permasalahan utama mereka adalah belum melek teknologi, sehingga kerap kesusahan dalam memasarakan barangnya di pasar daring.

 Baca juga: Mau Dapat Kredit Modal Kerja dari Negara? Cek Syaratnya

“Untuk produk ini belum ada ekspor dari monitoring kami,” ujarnya.

Melihat permasalahan itu, pihaknya menyelenggarakan Pertamina Smexpo 2020 yang akan menampilkan 1.226 produk UMKM unggulan. Adapun waktu pelaksanaan itu dimulai sejak 9 hingga 11 September.

“Kita harapkan ini bisa menjadi pintu untuk bisa UMKM kita berinteraksi dengan dunia luar. Diharapkan produk-produk kita berbasis herbal ini menjadi menarik di mata internasional. Saya yakini ini akan menarik buat masyarakat di luar sana,” kata dia.

Follow Berita Okezone di Google News

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini