Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keamanan Bermasalah, Uji Klinis Vaksin Covid-19 Oxford Ditunda

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 620 2275031 keamanan-bermasalah-uji-klinis-vaksin-covid-19-oxford-ditunda-grH5JcBDki.jpg Ilustrasi vaksin Covid-19 (Foto : Thedailybeast)

Uji klinis vaksin Covid-19 Universitas Oxford telah ditunda. Pembuat obat AstraZeneca mengatakan bahwa mereka secara sukarela menghentikan vaksinasi untuk memungkinkan tinjauan data keamanan oleh komite independen.

"Ini adalah tindakan rutin yang harus dilakukan setiap kali ada penyakit yang berpotensi tidak dapat dijelaskan di salah satu persidangan, sementara itu diselidiki, memastikan kami menjaga integritas persidangan,” terang perusahaan tersebut.

Uji Coba Vaksin

AstraZeneca menjelaskan dalam uji coba besar, penyakit akan terjadi secara kebetulan. Tetapi hal ini harus ditinjau secara independen untuk memeriksanya dengan cermat. Mereka pun bekerja untuk mempercepat peninjauan untuk meminimalkan potensi dampak pada jadwal uji coba.

“Kami berkomitmen untuk keselamatan peserta kami dan standar perilaku tertinggi dalam uji coba kami,” terang AstraZeneca, sebagaimana dilansir NBC News.

Baca Juga : Cinta Laura Bergaya ala Boneka Timur Tengah, Tatapan Matanya Menusuk Kalbu!

AstraZeneca yang bekerja sama dengan Universitas Oxford untuk vaksin virus corona, memulai uji klinis fase 3 di Amerika Serikat (AS) minggu lalu. Namun keputusan untuk menunda penelitian akan memengaruhi hasil uji klinis di AS.

Pakar penyakit menular dan direktur Grup Penelitian Vaksin Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, dr. Gregory Poland mengatakan bahwa reaksi serius memang terjadi dalam uji coba vaksin.

“Umumnya, ketika peristiwa ini terjadi, uji coba dihentikan sementara, data dikumpulkan, dan pemantauan data independen serta dewan keamanan meninjau detailnya untuk membuat keputusan apakah akan melanjutkan uji coba atau mengubahnya dengan cara tertentu,” terang dr. Poland.

Uji Coba Vaksin

Lebih lanjut Poland mengatakan seringkali peristiwa tersebut terjadi secara kebetulan. Namun tindakan pencegahan diperlukan untuk memastikan keamanan peserta uji coba.

Sekedar informasi, uji coba Oxford adalah uji coba fase ketiga yang dimulai di AS. Pfizer dan Moderna memulai uji coba fase 3 pada akhir Juli 2020 dan telah mendaftarkan sekira 30.000 sukarelawan.

Vaksin Oxford menggunakan sejenis virus yang disebut adenovirus untuk membantu sistem kekebalan tubuh mencari cara membuat antibodi untuk menyerang protein lonjakan virus corona. Protein lonjakan itulah yang memungkinkan virus menginfeksi sel manusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini