Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Laboratorium Andalan untuk Tangani Covid-19 di Jateng

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 620 2278208 3-laboratorium-andalan-untuk-tangani-covid-19-di-jateng-wJO6DH7fet.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

SEMARANG – Terdapat tiga laboratorium yang menjadi andalan dan diminta lebih optimal menangani kasus Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng). Ketiganya adalah Badan Laboratorium Kesehatan Provinsi di Semarang, Laboratorium RSUD Moewardi Solo, dan Laboratorium RSUD Margono Banyumas.

"Tiga lab itu akan kami dorong dan maksimalkan. Akan kami suplai seluruh peralatannya agar optimal. Tadi diputuskan, akan dibuat tiga sift langsung di tiga lab itu untuk mendorong percepatan tes di Jateng," ungkap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Selasa (14/9/2020).

“Itu saja bisa sampai kurang lebih 1.000 (sampel) tadi ya. Artinya dengan cara itu kita kan bisa membantu mempercepat (penanganan) dari Lab-nya,” imbuh dia.

Dia juga menilai ada beberapa rumah sakit yang memiliki banyak pengalaman dalam meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19. Misalnya di RSUD Moewardi, ada beberapa hal teknis yang dilakukan para dokter setempat dan hasilnya bagus.

"Mungkin ini yang berkontribusi pada rate yang cukup bagus di Jateng pada hari ini. Makanya saya minta ini diterapkan di rumah sakit lainnya, sambil tetap melakukan review terhadap SOP agar semua tenaga medis kita aman saat bekerja," tegasnya.

Disinggung terkait kondisi rumah sakit di Jateng dan tempat isolasi, Ganjar menegaskan masih aman. Beberapa rumah sakit masih memiliki ICU dan ruang isolasi yang masih kosong, sehingga tak menimbulkan kekhawatiran.

Baca Juga: Berikut Sebaran Penambahan 3.507 Kasus Covid-19 di 34 Provinsi

"Semuanya masih aman. ICU dan tempat tidur di rumah sakit alhamdulillah sampai saat ini masih terkontrol. Saya meminta dan yang di rumah sakit ada review, evaluasi tentang SOP agar tenaga medis kita juga selamat dan aman. Semuanya bisa berjalan dengan baik, operasionalnya juga bisa berjalan dengan baik,” lugas dia.

Untuk diketahui berdasarkan data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 , jumlah kasus positif di Indonesia mencapai 225.030. Dari total tersebut, 18.111 di antaranya ada di Jateng.

Baca Juga: Satgas Covid-19: Kasus Aktif di Berbagai Daerah Mengalami Penurunan

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini