Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Akui Covid-19 Bikin Pengangguran dan Kemiskinan Naik Tajam

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 620 2278548 sri-mulyani-akui-covid-19-bikin-pengangguran-dan-kemiskinan-naik-tajam-9xpKEKEgp0.jpg Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan bahwa tingkat pengangguran dan kemiskinan mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan adanya wabah virus Corona atau Covid-19 yang menekan perekonomian Indonesia.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan, kenaikan angka kemiskinan dan pengangguran ini hampir mencapai 9,78% dan terbesar sepanjang sejarah.

 Baca juga: Erick Thohir Sebut Jumlah Kelas Menengah RI Susul Korsel

"Covid-19 yang terjadi ini telah menaikan angka pengangguran dan kemiskinan dan ini menjadi pusat perhatian untuk meresponsnya. Di Indonesia sendiri sudah meningkat 9,4% dari sejarah Indonesia dan sekarang meningkat hingga 9,78%," jelas Sri Mulyani dalam video virtual, Rabu (16/9/2020).

Menurutnya, pandemi covid-19 ini membuat tantangan ekonomi Indonesia cukup berat. Pasalnya, semua sektor ekonomi sangat tertekan dan membutuhkan perbaikan.

Baca juga: Jakarta PSBB Lagi, Mohon Maaf Sri Mulyani Tak Tambah Bansos

"Kita melihat situasi covid itu berfokus pada masalah kesehatan dan konsekuensi covid-19 ini mencegah penyebaran dampak sosial dan sosial protection dan jaring pengamanan sosial yang menghadpai tantangan ekonomi dan usaha kecil menengah besar dan sektor keuangan," jelasnya.

Dia menambahkan akan menyeimbangkan kebutuhan covid-19 dengan membuat instrumen APBN untuk bisa digunakan dalam memulihkan ekonomi. Adapun Kementerian Keuangan akan mendesain belanja negara untuk memulihkan ekonimi Indonesia.

"Desain dari sisi ekonomi ini bisa menghadapi fundamental ekonomi Indonesia," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini