Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Wisata Dataran Tinggi Populer Favorit Milenial

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 620 2278736 5-wisata-dataran-tinggi-populer-favorit-milenial-yCca0GOWAS.jpg Dataran Tinggi Dieng. (Dimas/Okezone)
A A A

BERLIBUR menikmati pemandangan alam merupakan dambaan bagi setiap orang. Seperti liburan ke tempat wisata dataran tinggi indah di Indonesia.

Wisata dataran tinggi umumnya menyuguhkan pemandangan alam serta wisatawan juga bisa menghirup udara segar dan merasakan cuaca dingin. Ada beberapa destinasi wisata dataran tinggi yang terkenal dingin dan sejuk.

Walaupun secara keseluruhan iklim Indonesia tergolong panas dan lembap sepanjang tahun, tapi buat Okezoners yang sedang mencari destinasi wisata di dataran tinggi, ada banyak pilihannya. Seperti yang sering diketahui dan dikunjungi orang adalah Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah.

Sebelum Okezone berikan beberapa referensi wisata dataran tinggi yang ada di Indonesia ada baiknya Okezoners tahu juga apa sih dataran tinggi itu?

Mungkin sebagian besar dari Okezoners sudah mengerti dan familier dengan dataran tinggi. Bagaimana tidak, Indonesia merupakan wilayah yang memiliki banyak sekali dataran tinggi yang indah dan memesona.

Dataran tinggi merupakan sebutan bagi dataran yang mempunyai ketinggian lebih dari 700 mdpl. Dataran tinggi ini dapat terbentuk sebagai hasil dari proses erosi dan juga proses sedimentasi.

Selain itu, dataran tinggi juga dapat terbentuk oleh bekas kaldera yang luas yang tertimbun dari material-material lereng gunung yang ada di daerah sekitarnya. Salah satu ciri utama dari dataran tinggi adalah memiliki iklim yang sejuk dan dingin.

Nah setelah Okezoners tahu apa itu dataran tinggi. Berikut ini Okezone berikan rangkuman dan ulasan beberapa wisata dataran tinggi yang populer di Indonesia. Bahkan ada beberapa dataran tinggi di Indonesia yang memenangi anugerah Pesona Indonesia 2016 loh Okezoners.

Penasaran kan apa saja? Ini dia ulasannya ditulis Rabu (16/9/2020).

 

Dataran Tinggi Kerinci, Jambi

Di dataran tinggi ini terbentang kemegahan Gunung Kerinci yang kesohor karena puncaknya merupakan puncak gunung berapi tertinggi di Indonesia. Di sana merupakan habitat asli beragam fauna yang dilindungi dan terancam punah seperti Harimau Sumatera dan Badak Sumatera.

Baca Juga: Jelajahi Spot Cantik Wisata Gunung Semeru, Hamish Daud Betah

Dataran Tinggi Kerinci menjadi habitat binatang Sumatera yang dilindungi. Di sini juga membentang kebun sayuran dan kebun teh yang indah. Namanya Kebun Teh Kayu Aro dan selalu diburu wisatawan.

Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

 dieng

Dataran Tinggi Dieng belakangan semakin diminati wisatawan. Cuacanya sangat dingin dan pemandangan alamnya khas banget. Di Dataran Tinggi Dieng juga ada beberapa spot wisata cantik, seperti Candi Arjuna, Dieng Plateu, juga Kawah Sikidang yang tak boleh dilewatkan.

Nah, buat kamu yang suka mendaki, jangan lupa menikmati indahnya panorama alam Gunung Prau, yang mempunyai ketinggian 2590 mdpl. Di sana juga kamu juga bisa menyaksikan indahnya Gunung Merapi, Merbabu, Lawu, Sindoro, dan Sumbing.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dataran Tinggi Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

kelimutu

Okezoners pernah melihat indahnya danau kembar di mata uang Rp5.000? Ya, Dataran Tinggi Gunung Kelimutu gambarnya terpampang di uang tersebut. Di sini terdapat kawah yang mempunyai tiga warna air berbeda-beda. Pendaki akan dibuat takjub, karena jalur pendakiannya sangat indah loh.

Baca Juga: Gisel Gowes ke Bundaran HI dan PIK Jakarta, Duh Cantiknya

Bukit Kelam, Kabupaten Sintang

Bukit Kelam mirip seperti Ayers Rock Australia yang terkenal di kalangan pendaki. Namun Bukit Kelam tidak sering dijamah turis karena lokasinya lumayan sulit dijangkau. Nah, Bukit Kelam sendiri lokasinya berada di Kecamatan Kelam Permai, sekitar 20 km dari pusat Kota Sintang, atau sekitar 395 km dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Di sana ada batu raksasa yang membentang dari barat ke timur di antara dua sungai besar yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas.

Gunung Tambora, Kabupaten Dompu

Gunung Tambora sangat terkenal di kalangan wisatawan. Gunung ini pernah meletus pada 1815. Gunung dengan ketinggian 2.850 mdpl di Pulau Sumbawa ini menggoda untuk didaki salah satunya karena kawah atau kaldera besar di puncaknya. Kaldera ini bahkan memiliki diameter mencapai 7 km dengan kedalaman hampir 1 km. Terbayang betapa menakjubkanya pemandangan di atas puncak tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini