Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berita Duka, Perawat RSUD dr Soetomo Surabaya Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Yudha Prawira, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 620 2281847 berita-duka-perawat-rsud-dr-soetomo-surabaya-meninggal-dunia-akibat-covid-19-GZD3IsWy10.jpg Perawat meninggal dunia usai dinyatakan positif Covid-19. Foto: Yudha Prawira

SURABAYA - Tenaga kesehatan Jawa Timur kembali berduka, sebab salah seorang perawat senior di RSUD dr Soetomo Surabaya yaitu Winarsih meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona (Covid-19).

Bertempat di halaman samping RSUD dr Soetomo Surabaya, puluhan rekan seprofesi memberikan penghormatan kepada almarhumah Winarsih.

Iringan doa dan lantunan ayat suci Aluran mengiringi keberangkatan mobil ambulans yang membawanya menuju lokasi pemakamanan di Magetan, Jawa Timur.

Perawat yang tinggal di Sidoarjo ini meninggal setelah menjalani perawatan selama 13 hari di ruang isolasi khusus RSUD dr Soetomo Surabaya.

Perawat yang bertugas di unit rawat jalan (URJ) anak instalasi rawat jalan rumah sakit tersebut diduga terpapar covid-19 saat memberikan pelayanan kesehatan.

Adanya penyakit penyerta atau comorbid ditengarai semakin memperparah penyakit perawat berusia 53 tahun itu.

Baca Juga: Sebanyak 2.983 Perawat Terpapar Covid-19 di 4 Provinsi, 85 Meninggal Dunia

Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Timur (PPNI Jatim) mengaku prihatin dengan bertambahnya tenaga kesehatan yang gugur dalam tugas.

Ketua PPNI Jatim Profesor Nursalam mengimbau kepada seluruh perawat berhati-hati dan waspada dalam menjalankan tugas masing-masing.

“Selalu wasapada menerapkan protokol kesehatan secara baik ya, terutama bagi teman-teman yang melayani baik langsung berhubungan dengan pasien Covid-19 maupun tidak,” ujarnya pada Selasa (22/9/2020).

Untuk diketahui, dengan meninggalnya winarsih, perawat yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Jatim meningkat dari 26 menjadi menjadi 27 orang.

Baca Juga: Dokter Meninggal Akibat Covid-19 Bertambah Jadi 115 Jiwa

“Di Indonesia ada 74, di Jawa Timur sampai hari ini ada 27 (perawat meninggal dunia) dengan hari ini tadi penambahan lagi seorang perawat senior yang bertugas di RSUD Soetomo,” ucap Nursalam.

Kota Surabaya menjadi penyumbang terbesar jumlah perawat yang meninggal, yakni 10 orang. Sementara Sidoarjo menyumbang 3 orang, lalu Tuban dan Bojonegoro 2 orang sedangkan Kota Malang, Sampang, Kota Probolinggo, Bangkalan, Gresik, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Sumenep, Pamekasan dan Kota Pasuruan masing-masing 1 orang.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini