Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Studi: Masker Sutra Lebih Baik dari Katun

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 620 2287188 studi-masker-sutra-lebih-baik-dari-katun-B3Bhi15A9c.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)
A A A

Memilih jenis masker menjadi hal penting dan sangat mendasar sekarang ini. Pemerintah dengan tegas mengimbau agar masyarakat meninggalkan masker scuba atau buff dan beralih ke 3 jenis masker yang direkomendasikan; masker kain dua lapis, masker medis, dan masker N95.

Sementara itu, banyak masyarakat yang bingung yang dimaksud dengan masker kain itu seperti apa yang efektif. Nah, peneliti baru-baru ini menyampaikan hasil temuannya bahwa masker kain yang terbuat dari sutra lebih baik dari yang berbahan katun.

Menurut laporan New York Post, peneliti dari University of Cincinnati menemukan fakta bahwa masker kain terbuat dari sutra bukan hanya nyaman dikenakan, tetapi memungkinkan Anda tetap bernapas dengan baik dan tidak mudah lembap.

Masker Kain

Karakteristik tersebut dinilai peneliti yang harusnya dimiliki setiap masker kain. "Sifat kain sutra yang demikian mampu memerangi virus yang ada di udara<' terang rilis berita mengenai laporan studi ini.

Dijelaskan dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Plos One, kain sutra mengandung sifat antimikroba, antibakteri, dan antivirus alami dan bila digunakan dalam konjungsi respirator (pemakaian alat bantu napas), sifatnya serupa dengan masker medis.

Baca Juga : Selamat Hari Batik! Ini Sejarahnya hingga Jadi Warisan Budaya Dunia

Temuan itu menunjukkan bhawa masker sutra merupakan alternatif yang sama efektifnya dengan masker bedan. Ini sangat membantu jika suatu saat masker bedah mulai habis di pasaran. Menariknya lagi, kain sutra pun ternyata mengandung tembaga yang terbukti bermanfaat dalam pembuatan masker wajah.

"Tembaga adalah sesuatu yang dicari sekarang dan sutra mengandung tembaga di dalamnya. Jadi, ngengat sutra rumahan memakan daun mulberry. Nah, para ngengat itu secara tidak langsung memasukkan tembaga ke sutra yang mereka hasilnya," kata Patrick Guerra, asisten profesor biologi di University of Cinncati's College of Arts and Sciences.

Follow Berita Okezone di Google News

Kenapa tembaga sangat penting di masker? Diketahui bahwa tembaga memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan virus. Jadi, ini yang memperkuat dugaan para peneliti bahwa kain sutra memang lebih baik dari katun.

Lantas, bagaimana penelitian ini dilakukan hingga hasil kesimpulan didapat bahwa sutra lebih baik dari katun?

Para peneliti menguji kain katun, poliester, dan beberapa jenis sutra. Ini dilakukan untuk melihat seberapa efektif masing-masing kain menghalau air, yang diibaratkan seperti droplet yang mengandung virus.

Masker Sutra

Dari hasil pengujian didapatkan bahwa sutra jauh lebih efektif sebagai penahan kelembapan daripada kain lainnya. "Kain katun dan poliester menyerap tetesan air dengan cepat dan itu yang membuat masker lebih mudah lembap," temuan peneliti.

Dapat dijelaskan lebih detailnya ialah kain katun menangkap tetesan air seperti spons. "Tapi sutra membiarkan tetesan air lepas dan membuatnya tetap kering. Sutra juga dinilai lebih nyaman karena teksturnya lebih halus dan bahannya lebih tipis, tapi tetap mampu menghalau tetesan dari luar," terang Guerra.

Dengan begitu, jika dikorelasikan ke kasus droplet, kain sutra memungkinkan untuk mencegah droplet masuk dan diserap hidung. Dijelaskan para peneliti juga bahwa menambah lapisan kain sutra akan semakin baik fungsinya mencegah virus corona.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini