Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seperti Palopo, Ketinggian Banjir di Kota Pangkalpinang Capai 1 Meter

Haryanto, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 620 2296159 seperti-palopo-ketinggian-banjir-di-kota-pangkalpinang-capai-1-meter-JeONfp943V.jpg Banjir 1 meter rendam Kota Pangkalpinang. Foto: dok.BPBD
A A A

PANGKALPINANG - Banjir di Kota Pangkalpinang terjadi di sejak siang hingga sore ini, Senin (19/10/2020). Ketinggian air bervariasi di berbagai titik, tetapi yang paling parah mencapai satu meter.

Banjir di Kota Pangkalpinang disebabkan hujan deras yang mengguyur sejak Senin (19/10/2020) siang, ditambah saluran air yang tak lancar karena sebagian mampet.

Kepala BPBD Babel Mikron Antariksa mengatakan, banjir kiriman juga datang dari dari daerah Paritlalang yang merupakan wilayah rawan banjir.

Lebih rinci ia menjelaskan banjir merendam Jalan Ahmad Yani, Jalan Bali Bintang, dan sejumlah titik lainnya.

"Daerah yang kebanjiran yakni di Jalan A Yani, Jalan Balai, Kampung Bintang, Paritlalang dan Kelurahan Sriwijaya," kata Mikron.

Ketinggian air yang merendam rumah juga bervariasi, yakni sekira 30 Cm hingga satu meter. "Ketinggian air masuk kerumah sekira 30 cm hingga satu meter," ucapnya.

Untuk membantu warga terdampak dan mengatur arus lalu lintas, BPBD telah menerjunkan sejumlah personel ke lokasi.

"Tim kami masih berada di titik banjir. Jika debit air terus naik, kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mendirikan pengungsian," katanya mengenai penanganan Banjir di Kota Pangkalpinang tersebut.

Baca Juga: Proyek Jembatan Senilai Rp25,9 Miliar Ambruk di Pangkalpinang, Ini Penyebabnya

Sementara itu Kelurahan Marobo dan Salubattang, Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, juga dikepung banjir dalam dua hari ini. Akibatnya sebagian besar aktifitas warga lumpuh.

Banjir juga merendam lahan pertanian dan tambak hingga terancam gagal panen. Selain itu akses menuju lokasi juga teredam.

"Kita butuh bantuan saat ini khususnya makanan siap saji. Tadi sudah ada beberapa warga kita evakuasi dengan perahu kayu, banjir ini merupakan banjir terparah dalam tiga tahun terakhir" ucap Kahar salah satu warga di lokasi.

Tingkat keparahan bencana yang melanda Palopo mirip dengan kondisi banjir di Kota Pangkalpinang, yaitu yang palong parah terendam air satu meter.

Baca Juga: Banjir 1 Meter Rendam Kota Palopo, Sebagian Warga Terisolir


Follow Berita Okezone di Google News

(abp)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini