Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut Ajak Investor Jerman Jadikan RI Hub Industri Manufaktur

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 620 2296463 menko-luhut-ajak-investor-jerman-jadikan-ri-hub-industri-manufaktur-QR0kWhAyOm.jpg Menko Luhut (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar menyambut pedoman kebijakan Indo-Pasifik yang dirancang oleh pemerintah federal Jerman pada September 2020.

Pedoman ini menegaskan kembali kepentingan bersama kedua negara, yang mencakup perdamaian dan keamanan, perdagangan bebas, jalur perdagangan yang terbuka, diversifikasi hubungan, perlindungan lingkungan, serta transformasi digital. Apalagi dengan terjadinya pandemi Covid-19, produk domestik bruto (PDB) Indonesia pun ikut tertekan.

"Jika seluruh dunia bersatu, kita akan mampu mengatasi krisis ini lebih kuat dari sebelumnya," ujar Menko Luhut dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga: Menko Luhut: Indonesia Dilirik Investor Pindahkan Industri dari China 

Dia pun mengajak investor Jerman untuk menjadikan Indonesia sebagai hub manufaktur untuk kawasan Asia Tenggara.

"Indonesia memiliki ekonomi terbesar di ASEAN, dengan 273 juta penduduk dan PDB senilai lebih dari USD1 Triliun," ungkap dia.

Menurutnya, dunia kini sedang bergerak, pun demikian dengan bisnis. Oleh karena itu, dia mendorong kerja sama yang saling menguntungkan antara Indonesia dengan pemangku kepentingan terkait. Kerja sama ini bisa bergerak di bidang ekonomi, ketenagakerjaan, kesehatan dan teknologi.

Indonesia pun akan mendorong kerja sama perdagangan dengan negara-negara non ASEAN. Misalnya, Indonesia dengan Uni Eropa (UE) melalui perjanjian kerja sama ekonomi Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

"Dengan platform ini, kemitraan strategis Indonesia dan UE akan semakin kongkrit," tandas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

(dni)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini