Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Manfaat Kopi untuk Merawat Kulit Anda

Adella Christyanti, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 620 2297952 6-manfaat-kopi-untuk-merawat-kulit-anda-yTTcc64Z4q.jpg (Foto: Shutterstock)
A A A

Kopi bukan hanya digunakan sebagai minuman, tetapi kopi juga bisa digunakan untuk perawatan kulit. Kopi ini bisa memberikan antioksidan secara internal.

Manfaat untuk kulit dari kopi terutama diperoleh secara topikal. Ini melibatkan membuat masker, scrub, atau pasta dari bubuk kopi segar dan mengaplikasikannya langsung ke kulit Anda.

Berikut ini adalah 8 manfaat kopi untuk merawat kulit Anda, seperti dilansir Healthline.

Mengurangi selulit

Kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Kandungan kafein merupakan kunci pengurangan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan.

Efek menenangkan

Kopi terkenal dengan efek stimulasi di dalam tubuh. Kopi ternyata juga bisa memberikan efek sebaliknya saat dioleskan. Hal ini terjadi karena adanya antioksidan dalam kopi.

Manfaat anti penuaan

Mengoleskan kopi langsung ke kulit Anda dapat membantu mengurangi munculnya bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus.

 Kopi bukan hanya digunakan sebagai minuman, tetapi kopi juga bisa digunakan untuk perawatan kulit.

Baca juga: 6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Follow Berita Okezone di Google News

Mencegah kanker kulit

Kopi adalah sumber yang kaya vitamin B3 (niacin), berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelline. Namun, trigonelline terurai menjadi niacin setelah biji kopi dipanggang. Menurut Skin Cancer Foundation, niacin dapat membantu mencegah kanker kulit nonmelanoma dan mungkin dapat mencegah pertumbuhan kulit lainnya.

Pengobatan jerawat

Dalam kasus luka atau infeksi kulit yang sering terjadi, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu memerangi masalah dari bakteri berbahaya. CGA dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Dikombinasikan dengan pengelupasan alami bubuk kopi, semua manfaat ini secara kolektif dapat melawan jerawat.

Lingkaran hitam

Kopi dapat membantu mengatasi lingkaran hitam membandel di bawah mata. Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi diduga membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi pada lingkaran hitam.

Cara membuat masker wajah kopi

Ada banyak cara berbeda untuk membuat masker wajah kopi di rumah. Ini satu resep untuk dicoba:

- Campurkan minyak zaitun dan bubuk kopi dengan perbandingan yang sama.

- Oleskan ke wajah Anda dengan gerakan melingkar.

- Biarkan masker selama 15 hingga 60 menit.

- Bilas dengan air hangat. Ulangi hingga tiga kali seminggu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini