Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Ini 5 Artis Berdarah Pahlawan Nasional

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 620 2300920 peringati-hari-sumpah-pemuda-ini-5-artis-berdarah-pahlawan-nasional-SDWExSqONi.jpg Dian Sastro (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hari Sumpah Pemuda jatuh di tanggal 28 Oktober. Merupakan hari bersejarah yang patut diperingati bangsa Indonesia untuk menanamkan rasa nasionalisme.

Sumpah Pemuda yang lahir dalam Kongres Pemuda II pada 92 tahun silam juga menjadi momen tepat untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan.

Meski sosok para pahlawan sebagian besar telah tiada, namun kehadiran mereka masih terasa lewat para keturunannya. Beberapa di antara mereka adalah selebriti yang sering tampil di layar kaca.

Berikut Okezone rangkum 5 artis keturunan pahlawan nasional.

 

1. Maia Estianty

 

Penyanyi Maia Estianty mewarisi darah seorang pahlawan nasional, yakni HOS Tjokroaminoto. Ia merupakan cicit dari sang pemimpin organisasi Sarekat Islam (SI) itu.

Sebagai salah satu keturunannya, Maia bahkan ikut membintangi film Guru Bangsa: HOS Tjokroaminoto garapan Garin Nugroho pada 2015. Ibu Al, El, dan Dul ini berperan sebagai mertua HOS Tjokroaminoto.

2. Karina Salim

 

Aktris Karina Salim merupakan cucu dari KH Agus Salim. Ia merupakan salah satu pejuang yang berjasa bagi kemerdekaan Indonesia.

KH Agus Salim pernah menjadi anggota BPUPKI yang mempersiapkan UUD 1945 dan dikenal sebagai diplomat ulung yang sempat menjabat sebagai menteri luar negeri kabinet Hatta pada tahun 1948 hingga 1949.

3. Asri Welas

 

Dibalik tingkah kocaknya, presenter Asri Welas ternyata mewarisi darah seorang pahlawan. Perempuan kelahiran Yogyakarta, 7 Maret 1979 ini adalah keturunan ketujuh Pangeran Diponegoro.

Pangeran Diponegoro merupakan pahlawan nasional yang memimpin perang Diponegoro atau perang Jawa pada tahun 1825 hingga 1830 melawan Hindia Belanda.

4. Jeje Soekarno

 

Pemilik nama asli Muhammad Jihad Rahtomo Soekarno ini merupakan cicit dari Presiden Soekarno. Garis keturunan ini ia dapatkan dari sang ayah, Hendra Rahtomo, suami aktris Donna Harun.

Seperti diketahui, Presiden Soekarno adalah Presiden pertama Republik Indonesia. Jasanya dalam kemerdekaan membuat sosoknya dinobatkan sebagai tokoh bangsa.

5. Dian Sastrowardoyo

 

Tak heran bila Dian Sastrowardoyo dikenal atas kecerdasannya. Aktris Ada Apa Dengan Cinta? ini ternyata masih ada hubungan darah dengan Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo, yang berperan penting dalam Kongres Sumpah Pemuda II dan melahirkan Sumpah Pemuda.

Dian bukan keturunan langsung dari pahlawan nasional itu. Prof Mr. Sunario merupakan kakak dari kakek Dian, dr. Soemarsono Sastrowardoyo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini