Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Liburan ala Road Trip, Ini 7 Tips Jitu Biar Aman dari Covid-19

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 620 2302267 mau-liburan-ala-road-trip-ini-7-tips-jitu-biar-aman-dari-covid-19-13RpoJdaa9.jpg Ilustrasi traveling dengan mobil pribadi (likewallpaper.com)

PANDEMI Covid-19 tak harus mematikan hobi jalan-jalan atau traveling. Anda masih bisa melakukan perjalanan dengan menaati protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah tertularnya virus corona.

Sekarang berbagai tempat wisata sudah buka kembali dan layanan transportasi juga lancar. Beberapa negara sudah membuka pintu kembali untuk wisatawan dengan syarat-syarat tertentu.

Baca juga: Libur Panjang Oktober 2020, Ini Tips Liburan Hemat ke Taman Nasional Komodo

Salah satu cara traveling aman di tengah Covid-19 adalah dengan sistem road trip alias melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Ini bisa membuat traveler lebih berhati-hati dan sedikit berinteraksi dengan orang lain.

“Perjalanan darat dengan mobil pribadi jelas lebih aman dari pada transportasi umum, di mana anda akan berhubungan dengan orang-orang di luar rumah anda, misalnya bus, kereta dan pesawat,” ujar Hilary Godwin, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Washington seperti dikutip dari Lonely Planet, Minggu (1/11/2020).

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat traveling di masa pandemi Covid-19. Berikut 7 tips jitu dalam merencanakan road trip di era virus corona seperti dilansir dari Lonely Planet :

Pertimbangkan dari Mana dan ke Mana Anda Akan Pergi

Kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai dan terus berubah, maka setiap traveller harus mempertimbangkan keadaan tempat tujuan saat ini dan asal kota anda. Apakah zonanya sudah aman untuk dikunjungi.

Baca juga: Menparekraf Imbau Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan saat Liburan Cuti Bersama

Anda juga bisa mengawasai atau memantau situs data publik yang merupakan cara terbaik untuk tetap mendapatkan informasi tentang grafik pandemi covid-19. Pastikan juga daerah asal serta tempat yang anda akan dituju aman dan sepi sehingga anda bisa berlibur dan berkunjung tanpa rasa khawatir.

Menjalani Tes Dulu

Pastikan anda sudah melakukan tes dan terbebas dari virus Covid-19. Setiap orang yang akan bepergian harus menjalani tes terlebih dahulu, meskipun anda tidak menunjukkan gejala.

Hal tersebut sebagai antisipasi dan jika hasil tesnya negatif anda bisa mengunjungi tempat yang tiba-tiba melakukan pembatasan baru. Sehingga hal tersebut dapat membebaskan anda dari karantina terlebih dahulu.

Anda bisa melakukan tes covid-19 sebelum melakukan perjalanan di tempat asal anda. Jangan lupa minta surat keterangan bebas covid-19 jika hasilnya negatif sebagai dokumen penting saat melakukan perjalanan anda kemanapun.

Rencanakan Rute Perjalanan secara Detail

Anda bisa melakukan persiapan dan rute perjalanan sejak lama. 48 jam atau seminggu sebeleum menjelang hari H perjalanan. Tentukanlah rute secara detail seperti tempat istirahat, pom bensin, medan jalan yang akan dilalui seperti apa dan lain-lain.

Anda bisa menggunakan layanan maps yang tersedia, sehingga anda tahu persis kemana anda akan pergi dan dimana anda akan berhenti untuk bersitrahat. Hindari melakukan persiapan mepet atau mendekati hari keberangkatan.

Hindari Kerumunan Orang

Hindari berkunjung ketempat atau lokasi yang ramai dengan banyak orang. Anda harus mematuhi dan mempertahankan pedoman jarak sosial yang disarankan. Pilihlah berkunjung ke daerah yang berpenduduk lebih sedikit.

Jika sudah terlanjur mengunjungi daerah atau tempat yang ramai, selalu jaga jarak 2 hingga 3 meter dan kenakan masker setiap kali anda berada di tempat umum.

Kemasi dan Selalu Membawa Hygiene Kit

Sisihkan tas atau kantong ekstra untuk memuat kebutuhan hygiene kit atau alat kebersihan anda. Selalu membawa barang yang penting dalam situasi sekarang ini seperti masker, hand sanitizer, tisu basah, pembersih tangan dan lain-lain.

Jika anda bepergian dengan orang lain atau partner perjalanan anda, ingatkan untuk selalu membersihkan tangan dan menjaga kebersihan saat berada di mana dan kapanpun juga.

Beristirahatlah yang Cukup

Menurut Sleep Foundation, pandemi virus Corona telah merusak pola tidur kita yang disebabkan oleh gangguan kehidupan sehari-hari, meningkatnya kecemasan atau depresi. Melakukan perjalanan atau berkendara jauh dapat membuat mata kita lelah.ilustrasi

The sleep foundation mengatakan pengemudi harus waspada terhadap tanda-tanda bahwa anda terlalu lelah saat mengemudi, seperti kesulitan mempertahankan fokus, terputus pikiran dan lain-lain.

Jika anda sudah merasakan gejala lelah di belakang kemudi seperti itu, beristirahatlah dan tidur siang selama 20-30 menit atau anda dapat mengkonsumsi minuman berkafein.

Pertimbangkan untuk Berkemah

Memilih untuk berkemah menggunakan tenda pribadi adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi resiko penularan virus Corona yang lebih rendah. Tidur menggunakan tenda sendiri juga cara terbaik untuk menghindari tertular virus.

Sebisa mungkin hindari menggunakan fasilitas dan perlengkapan yang sering digunakan orang lain. Selalu jaga jarak sosial saat beraktivitas di luar ruangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini