Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korban Banjir Jakarta Akan Ditampung di Hotel Bintang Dua dan Indekos

Bima Setiyadi, Jurnalis · Minggu 08 November 2020 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 08 620 2306184 korban-banjir-jakarta-akan-ditampung-di-hotel-bintang-dua-dan-indekos-RlL3CwrK6l.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan sejumlah hotel dan indekos untuk pengungsi yang rumahnya terendam banjir. Hal itu guna mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 pada banjir saat musim hujan ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan, pihaknya saat ini telah menyiapkan hotel bintang satu dan dua setara dengan wisma yang diperuntukan bagi korban banjir. Nantinya, satu keluarga akan menempati satu kamar dan tidak berbaur dengan keluarga lainnya.

"Penyediaan fasilitas ini sebagai salah satu upaya meminimalkan penularan Covid-19 di tempat pengungsian," kata Sabdo Kurnianto dalam video YouTube Pemprov DKI yang dilihat Minggu (8/11/2020).

Baca Juga: Antisipasi Covid-19, Petugas Kesehatan Siaga di Lokasi Pengungsian Banjir

Selain hotel, Sabdo mengaku pihaknya juga sedang menyiapkan wisma, Gelanggang Olahraga hingga rumah indekos untuk dijadikan lokasi penampungan para pengungsi banjir musim hujan ini.

Kendati demikian, lanjut Sabdo, tidak semua pengungsi bisa menikmati fasilitas ini. Tetap, sebagian pengungsi dievakuasi ke posko-posko dan tenda yang sudah disediakan. Dia memastikan, warga yang ditempatkan di posko dan tenda juga tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan wabah mematikan ini.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, para Wali Kota sebagai komandan banjir di wilayah, para Camat, dan Lurah untuk menyiapkan tempat-tempat bahkan sampai tiga kali lipat," pungkasnya.

Baca Juga: Indikator Keberhasilan Tangani Banjir Adalah Warga Selamat & Surut dalam 6 Jam

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini