Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rossi hingga Quartararo Kompak Keluhkan Kinerja Motor Yamaha, Ini Tanggapan Jarvis

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 21 November 2020 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 620 2313637 rossi-hingga-quartararo-kompak-keluhkan-kinerja-motor-yamaha-ini-tanggapan-jarvis-nhuSiUWtZn.jpg Valentino Rossi dan Fabio Quartararo. (Foto: MotoGP)

PORTIMAO – Direktur Manajer Tim Yamaha, Lin Jarvis, memberi tanggapan soal keluhan para pembalapnya terhadap kinerja motor balap tahun ini. Jarvis pun mengakui kondisi yang kurang apik dalam motor balap Yamaha di MotoGP 2020. Bahkan, ia sudah memprediksi bakal terciptanya kondisi ini usai dua seri awal MotoGP 2020.

Keluhan soal motor balap Yamaha memang terus beradatangan dari para pembalap. Mulai dari Valentino Rossi hingga Fabio Quartararo, tampak kerap kali menghadapi kesulitan untuk menjinakkan YZR-M1 2020.

Valentino Rossi

Alhasil, kondisi ini berdampak pada penampilan para pembalap Yamaha. Khususnya Rossi, ia diketahui baru naik podium satu kali pada musim ini. Padahal, beberapa kali Rossi tampak berhasil bertarung memperebutkan kemenangan.

BACA JUGA: Lepas Valentino Rossi ke Petronas, Jarvis: Dia Ragu-Ragu soal Masa Depannya

Begitu juga dengan Quartararo, meski telah merebut tiga kemenangan sejauh ini, ia tetap tampak mengalami masalah besar pada kinerja motor balapnya. Alhasil, Quartararo bahkan harus kehilangan kesempatan menjadi juara MotoGP 2020 yang sejatinya peluang itu terbuka lebar di awal musim.

Mendapati kondisi ini, Jarvis mengakui adanya masalah pada motor balapnya. Masalah itu sendiri dinilai Jarvis berasal dari mesin motor balap timnya. Ia sudah memprediksi akan timbulnya masalah ini usai menjalani dua balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Sejatinya, di dua balapan itu sendiri, Yamaha berhasil bersinar. Di balapan pertama Sirkuit Jerez, Quartararo memetik kemenangan. Kemudian di balapan kedua di sirkuit tersebut, tiga tempat di podium disegel oleh Yamaha. Quartararo menang, sementara Maverick Vinales naik podium kedua dan Rossi finis ketiga.

“Sayangnya, kami terus berjuang karena kurangnya grip belakang. Motornya tidak bisa beradaptasi di semua balapan. Pada dasarnya, ini adalah masalah desain,” ujar Jarvis, sebagaimana dikutip dari GP One, Sabtu (21/11/2020).

Fabio Quartararo

“Sulit untuk memberikan satu pendapat tentang Yamaha. Saya piker itu sangat sulit bagi semua orang dalam keadaan yang sangat rumit dengan situasi Covid-19,” lanjutnya.

“Kami memulai dengan sangat baik, tetapi di Jerez, kami segera mengetahui bahwa kami akan menderita dengan mesin,” tukas Jarvis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini