Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dapatkah Vitamin dan Mineral Lindungi Anda dari Covid-19?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 620 2321538 dapatkah-vitamin-dan-mineral-lindungi-anda-dari-covid-19-MkQIuZqcCa.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Covid-19 telah menjadi salah satu masalah kesehatan terbesar di tahun 2020 dan sementara para ilmuwan dan peneliti medis terus mengembangkan kemungkinan pengobatan untuk hal yang sama, banyak yang mencari cara yang lebih alami.

Berbagai penelitian di masa lalu telah mengklaim bahwa nutrisi dan vitamin umum dapat membantu menangkal infeksi virus corona baru. Namun, meski belum ada yang dikonfirmasi dan masih banyak yang masih diamati, masih banyak yang harus ditentukan dalam hal keefektifannya dalam mengobati virus mematikan itu.

Dengan adanya pandemi Covid-19, orang telah memberikan perhatian ekstra pada peran sistem kekebalan, dengan para ahli medis mendesak orang untuk meningkatkan asupan suplementasi mikronutrien.

Namun, tidak ada yang dikonfirmasi oleh siapa pun dan masih banyak yang masih ditinjau. Sementara menjaga jarak sosial, memakai masker dan permukaan desinfektan adalah beberapa solusi paling utama untuk mencegah penyebaran virus, dokter terus mendorong pasien mereka untuk menjaga sistem kekebalan mereka kuat dengan makan dengan baik dan mendapatkan nutrisi dan vitamin yang tepat.

Baca Juga : Profil Psikiater Dadang Hawari yang Meninggal karena Covid-19

Mengenal Vitamin C dan D

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Telah berhasil mencegah infeksi virus dan bakteri tertentu di masa lalu dan oleh karena itu, dianggap penting dalam mengobati penyakit.

Namun, belum banyak yang dapat ditentukan tentang kaitannya dengan Covid-19. Menurut tinjauan penelitian tentang topik yang diterbitkan dalam edisi terbaru jurnal Nutrition, vitamin C dapat membantu mencegah Covid-19 dan juga mengurangi reaksi peradangan di balik beberapa kasus Covid-19 yang parah. Namun, mereka tidak mengkonfirmasi apapun.

Demikian pula, vitamin D juga membantu meningkatkan kekebalan. Sesuai tinjauan 2019 terhadap uji klinis yang ada, suplemen vitamin D diklaim dapat mengurangi keparahan infeksi saluran pernapasan akut pada pasien yang dirawat di rumah sakit. Selain itu, penelitian lain menemukan hubungan antara tingkat vitamin D yang rendah dan persentase kasus Covid-19 yang lebih tinggi serta kematian.

Sumber Vitamin D

Selain vitamin C dan D, zat seng juga merupakan mineral penting yang membantu tubuh melawan infeksi bakteri dan virus yang berbahaya. Sementara tubuh manusia membutuhkan seng untuk mengembangkan dan mengaktifkan limfosit-T, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan, belum ada bukti kuat yang merekomendasikannya baik untuk mendukung atau menentang penggunaan seng untuk pengobatan Covid-19.

Meskipun Anda harus terus mengonsumsi vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup untuk meningkatkan kekebalan dan menjaga kesehatan tubuh yang kuat, penting juga bahwa Anda tidak sepenuhnya bergantung pada suplemen ini. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk terus menjaga jarak sosial dan mengikuti semua pedoman yang diperlukan untuk mencegah penyebaran virus yang dapat mematikan itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini