Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Covid-19, Ini 5 Penyakit Mematikan Menurut WHO

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 620 2321614 selain-covid-19-ini-5-penyakit-mematikan-menurut-who-MjXEyqPbv5.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Pandemi virus corona Covid-19 dianggap sebagai penyakit mematikan yang menewaskan banyak orang. Meski demikian, ternyata ada penyakit lainnya yang lebih berbahaya dibandingkan Covid-19 dengan tingkat kematian yang lebih tinggi. Bahkan beberapa penyakit ini telah dikonfirmasi langsung oleh World Health Organization (WHO).

Merangkum dari Health Line, Jumat (4/12/2020), berikut deretan penyakit paling mematikan yang menyebabkan angka kematian tinggi di dunia menurut WHO.

1. Penyakit jantung iskemik atau penyakit arteri koroner

Penyakit Jantung

Penyakit paling mematikan di dunia adalah penyakit jantung koroner (PJK). Juga disebut penyakit jantung iskemik, PJK terjadi ketika pembuluh darah yang memasok darah ke jantung menyempit. PJK yang tidak diobati dapat menyebabkan nyeri dada, gagal jantung, dan aritmia.

2. Stroke

Stroke

Stroke terjadi ketika arteri di otak Anda tersumbat atau bocor. Hal ini menyebabkan sel-sel otak yang kekurangan oksigen mulai mati dalam beberapa menit. Saat terkena stroke, Anda tiba-tiba merasa mati rasa dan kebingungan atau kesulitan berjalan dan melihat. Jika tidak ditangani, stroke dapat menyebabkan kecacatan jangka panjang.

Stroke adalah penyebab utama dari disabilitas jangka panjang. Orang yang menerima perawatan dalam waktu 3 jam setelah mengalami stroke cenderung memiliki kecacatan. Sumber Tepercaya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa 93 persen orang tahu mati rasa mendadak di satu sisi adalah gejala stroke.

Baca Juga : Waspada dan Cegah Penyakit Tidak Menular Selama Pandemi Covid-19

3. Infeksi saluran pernapasan bawah

Infeksi saluran pernapasan bawah menyerang parui-paru. Virus biasanya menyebabkan infeksi saluran pernapasan bagian bawah. Bisa juga disebabkan oleh bakteri. Batuk adalah gejala utama dari infeksi saluran pernapasan bagian bawah.

Anda mungkin juga merasakan sesak napas, mengi, dan sesak di dada. Infeksi saluran pernapasan bawah yang tidak diobati dapat menyebabkan gagal napas dan kematian.

4. Penyakit paru obstruktif kronis

Batuk

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah penyakit paru progresif jangka panjang yang membuat sulit bernapas. Bronkitis kronis dan emfisema adalah jenis PPOK. Pada tahun 2004, sekitar 64 juta orang Sumber Tepercaya di seluruh dunia hidup dengan PPOK.

5. Kanker pernapasan

Kanker pernafasan termasuk kanker trakea, laring, bronkus, dan paru-paru. Penyebab utamanya adalah merokok, perokok pasif, dan racun lingkungan. Tapi polusi rumah tangga seperti bahan bakar dan jamur juga berkontribusi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini