Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasar RI Sangat Besar, Jokowi: Jangan Sampai Dimanfaatkan Negara Lain

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 620 2323003 pasar-ri-sangat-besar-jokowi-jangan-sampai-dimanfaatkan-negara-lain-m6XXnjyVXF.jpg Presiden Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencatat, bahwa Indonesia memiliki kekuatan pasar yang sangat besar dan menjanjikan bagi pertumbuhan ekonomi secara nasional. Hal itu didukung oleh jumlah penduduk Indonesia sebanyak 270 orang yang memiliki daya beli yang terus meningkat.

Meski begitu, Kepala Negara mengingatkan, kekuatan pasar Indonesia justru dimanfaatkan oleh bangsa-bangasa dari negara lain.

 Baca juga: Soal Resesi, Luhut: RI Ekonomi Terbesar di Asia Tenggara Juga Terdampak Covid-19

"Indonesia adalah negara besar dengan jumlah penduduk 279 juta jiwa. Terbesar ke-4 di dunia, dengan jumlah penduduk yang besar itu, dengan daya beli yang terus meningkat, Indonesia memiliki potensi pasar yang juga sangat besar. Kekuatan pasar yang sangat menjanjikan, namun jangan sampai dengan kekuatan pasar yang besar itu justru dimanfaatkan oleh orang lain, oleh negara lain," ujar Jokowi, dikutip pada Senin (7/12/2020).

Presiden menegaskan, Indonesia harus memanfaatkan pasar untuk meningkatkan industri di dalam negeri. Di mana, masyarakat, pemerintah, dan pelaku usaha lokal harus mampu memanfaatkan market untuk mempercepat industrialisasi, membuat produk, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan.

 Baca juga: Presiden Jokowi Sebut Ekonomi Indonesia Sudah Lewati Titik Terendah

Dia bilang, Indonesia tidak boleh hanya sebatas sebagai konsumen yang menjadi target pasar produk negara lain, padahal Indonesia sendiri memiliki produk dalam negeri yang hebat. Di mana, banyak anak bangsa yang mampu menghasilkan karya-karya besar. Karya itu, khusus di bidang industri kreatif seperti fashion, kuliner, film, musik, animasi, games.

"Apalagi di bidang industri kreatif seperti fashion, kuliner, film, musik, animasi, games, dan sebagainya. Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk memanfaatkan momen saat ini untuk memperkuat industri dalam negeri, memperkuat industri kreatif nasional, kita akan terus berusaha memperbaiki ekosistem usaha bagi para pelaku industri kreatif," katanya.

Karena itu, pemerintah akan terus memberikan peluang bagi seluruh industri dalam negeri agar mampu tampil memperkaya hasil buah tangannya sendiri.

"Kita harus menciptakan lebih banyak peluang industri dalam negeri untuk semakin berkembang. Kita harus terus memunculkan potensi potensi yang tersembunyi agar tampil memperkaya ragam kreasi indonesia," ujar Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini