Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Tracing Digital di Mal untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 620 2325066 pentingnya-tracing-digital-di-mal-untuk-cegah-penyebaran-covid-19-g8zunCgnG7.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

KAFE ataupun restoran jadi salah satu tempat untuk melepas penat saat city tour. Namun risiko penyebaran Covid-19 masih tinggi di dua tempat tersebut, maka dibutuhkan tracing digital yang tepat.

Tracing dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona jika tiba-tiba ada satu pengunjung positif corona di sebuah ruang publik. Misalnya saja di kafe atau restoran, rumah sakit ataupun pusat perbelanjaan.

Pemerintah bahkan menggunakan langkah apakah 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) untuk mencegah penyebaran corona di berbagai tempat.

Baca Juga: Ustadz Yusuf Mansur Positif Covid-19, Begini Pengobatannya

corona

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Daeng M Faqih, SH, MH mengatakan, strategi utama penanganan Covid-19 ada dua jenis. Pertama dengan penemuan kasus. Kedua adalah dengan penanganan Covid-19 dengan baik dan benar yakni menggunakan sistem 3T.

“Kalau treatment, ini cukup berhasil karena angka kesembuhan pasien Covid-19 bisa mencapai lebih dari 83 persen, sementara angka kematiannya bisa ditekan hingga angka 3,1 persen,” katanya baru-baru ini.

Di Jakarta saja, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun umumnya rutin melakukan pendataan pengunjung di ruang publik. Sebelum menikmati fasilitas, misalnya berburu kuliner atau berbelanja di mal, pengunjung selalu mengisi data secara digital demi memudahkan tracing ketika ada yang terpapar corona.

 

Diakui Perwakilan JDS ID-Q Fauzan Zam’an, tracing Covid-19 memang perlu dilakukan secara digital. Selain tracing digital, cara tersebut juga memudahkan para pengelola gedung untuk memantau okupansi gedung berdasarkan jumlah kunjungan pengunjung.

"Pendataan pengunjung dan monitoring okupansi gedung bisa dilakukan secara real-time, online dan akurat serta terekam pada server yang telah terintegrasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ujarnya lewat keterangan resminya.

Baca Juga: Ustadz Yusuf Mansur Positif Covid-19, Tommy Kurniawan hingga Ridwan Kamil Mendoakan Cepat Sembuh

"Misalnya ada satu orang terpapar corona, ada imbauan secara discreet yang bersifat preventif berupa notifikasi untuk karantina mandiri atau melakukan rapid test, karena pernah mengunjungi atau pernah berada dalam satu lokasi dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini