Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Sektor yang Bikin Pertanian Percepat Pemulihan Ekonomi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 620 2327162 ini-sektor-yang-bikin-pertanian-percepat-pemulihan-ekonomi-ifczbKMdv9.jpeg Pemerintah Dorong Ekspor Pertanian. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah memaksimalkan potensi ekspor pada sektor pertanian. Pasalnya, pertanian menjadi satu-satunya sektor yang mengalami pertumbuhan di tengah terpaan badai Pandemi Covid-19.

Sektor pertanian mencatat angka positif dengan pertumbuhan PDB pertanian kuartal II sebesar 19,24% dan kuartal III sebesar 2,19%. Kementerian Pertanian optimis kuartal IV juga akan mengalami peningkatan. Salah satunya subsektor perkebunan menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan tersebut.

Baca Juga: Ekspor Barang Industri Kerajinan Turun Jadi Rp6,17 Triliun

Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono mengatakan, untuk lebih menggenjot ekspor, Kementerian Pertanian akan fokus kepada penyediaan benih berkualitas tinggi sehingga produk perkebunan Indonesia lebih menarik bagi pasar internasional.

“Kita mentargetkan 15 juta benih untuk 14 komoditas,” tuturnya, dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (14/12/2020).

Baca Juga: Kekayaan Indonesia, Larva Kering Riau Diekspor ke Inggris

Selain itu, Gerakan Ekspor Tiga Kali Lipat juga sebagai tindak lanjut untuk mengakselerasi dan memultiplikasi ekspor. Di mana selama ini memang menjadi fokus Kementerian Pertanian dengan dukungan serta sinergi yang kuat dari segenap stakeholder dari mulai petani, pelaku usaha sampai ke pemerintah daerah.

Ditegaskan Kasdi jika kemitraan petani dengan perusahaan yang selama ini senantiasa diperkuat salah satunya lewat skema plasma inti memang menjadi kunci.

“Kemitraan tersebut menjamin pasar bagi petani dan menjamin ketersediaan bahan atau produk bagi perusahaan.” terang Kasdi.

“Salah satu yang kita dorong lewat skema plasma inti juga adalah para pelaku UMKM sektor pertanian, khususnya subsektor perkebunan,” tambahnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini