Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanpa Gerard Houllier, Tidak Ada Kapten Fantastis Steven Gerrard di Liverpool

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 07:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 620 2327762 tanpa-gerard-houllier-tidak-ada-kapten-fantastis-steven-gerrard-di-liverpool-AnpjJ8UM2E.jpg Steven Gerrard dan Gerard Houllier (Foto: Reuters)

LIVERPOOL – Pelatih legendaris Liverpool, Gerard Houllier, meninggal dunia pada Senin 14 Desember 2020. Houllier wafat setelah beberapa pekan lalu menjalani operasi jantung.

Houllier bertugas di Liverpool pada 1998-2004. Selama membesut Liverpool, Houllier mempersembahkan enam trofi bergengsi. Sebanyak tiga trofi di antaranya, yaitu gelar juara Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Eropa, diraih pada musim 2000-2001.

Steven Gerrard

Selain trofi, Houllier juga beperan besar menelurkan seorang pemain yang kelak disebut legenda The Reds –julukan Liverpool. Houllier adalah pelatih yang memberikan kesempatan bagi Steven Gerrard debut pada 29 November 1998 silam.

Gerrard debut saat Liverpool melawan Blackburn Rovers di Anfield Stadium. Gerrard, yang saat itu berumur 18 tahun, tampil sebagai pemain pengganti setelah The Reds unggul 2-0 atas tim tamu.

Meskki hanya tampil selama semenit, pertandingan kontra Blackburn penting bagi Gerrard. Performa Gerrard perlahan-lahan meningkat setelahnya.

BACA JUGA: Liverpool Akui Kehebatan Leipzig yang Singkirkan Man United

Selain memberikan debut untuk Gerrard, Houllier juga sosok yang memberikan ban kapten Liverpool kepadanya. Gerrard resmi menjadi kapten Liverpool pada 15 Oktober 2003.

Gerrard membantu Liverpool meraih 11 trofi bergengsi selama 19 tahun mengabdi di Anfield Stadium. Kontribusi terbesar Gerrard adalah memimpin Liverpool menjuarai Liga Champions 2004-2005.

Perjuangan Liverpool memenangkan partai puncak Liga Champions 2004-2005 membuat Gerrard dijuluki Kapten Fantastis oleh semua pencinta sepakbola di dunia. Julukan itu tetap melekat pada Gerrard setelah dirinya pensiun di Los Angeles (LA) Galaxy pada 2017 silam hingga sekarang.

Gerard Houllier

Gerrard tahu kariernya di Liverpool bergelimang prestasi karena jasa Houllier. Oleh sebab itu, dia sangat sedih dengan wafatnya Houllier.

“Hancur, untuk mendengar berita meninggalnya mantan manajer saya, Gerard Houllier. Saya tidak akan pernah melupakan apa yang orang ini lakukan untuk saya dan karier saya. Beristirahatlah dengan damai Boss YNWA x,” tulis Gerrard di Instagram-nya, @stevengerrard, Selasa (15/12/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini