Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pele Klaim Jumlah Gol Cristiano dan Lionel Messi Masih Jauh dari Miliknya

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 620 2338869 pele-klaim-jumlah-gol-cristiano-dan-lionel-messi-masih-jauh-dari-miliknya-abh7Psh24U.JPG Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. (Foto/Reuters)

RIO DE JANEIRO – Jumlah gol legenda sepakbola Brasil, Pele mengklaim jumlah gol yang dicetak Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masih jauh dari total gol yang pernah dilesakkannya selama aktif menjadi pesepakbola profesional. Dia menulis bahwa jumah golnya lebih dari seribu gol.

Sebelumnya, Messi berhasil menorehkan rekor saat Barcelona membungkam Real Valladolid di Liga Spanyol 2020-2021 pada Desember 2020 silam. Pemain asal Argentina itu mencetak satu gol dengan laga berkesudahan 2-2.

Foto/Reuters

Gol Messi ke gawang Valladolid membawanya memecahkan rekor Pele. Messi kini adalah pencetak gol terbanyak untuk satu klub dengan torehan 644 gol. Rekor itu sebelumnya menjadi milik Pele dengan torehan 643 gol.

Baca juga: Makin Cinta, Cristiano Ronaldo Lakukan Selebrasi Gol untuk Georgina Rodriguez

Sedangkan Cristiano Ronaldo saat Juventus mengalahkan Udinese dalam lanjutan Liga Italia 2020-2021 berhasil melewati catatan rekor gol milik Pele. Dia mencetak dua gol.

Tambahan dua gol Ronaldo tersebut membuatnya telah mencetak 758 gol dalam kariernya sebagai pemain sepak bola. Ronaldo melewati catatan gol milik Pele yang ada di angka 757 gol.

Ronaldo bahkan berada di posisi kedua dalam daftar nomor urut pencetak gol sepanjang masa. Dia hanya terpaut dua gol dari pencetak gol terbanyak, Josef Biscan.

Namun, baru-baru ini, Pele mengubah profil biografi di akun Instagram-nya. Dia menambahkan jumlah gol selama dia menjadi pesepakbola.

“Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa (1.283),” tulisnya.

Foto/Instagram

Klaim Pele seperti yang dilakukan klub asal Brasil, Santos, yang merupakan klub yang dibela Pele. Santos mengklaim Pele mencetak gol lebih banyak ketimbang Messi untuk satu klub dan menekannya bahwa gol Pele dalam pertandingan persahabatan seharusnya dihitung. Santos mengklaim jumlah gol Pele adalah 1.091.

“Daftar golnya sangat panjang dan melawan klub-klub besar. River Plate, Boca Juniors, Racing, Universidad de Chile, Real Madrid, Juventus, Lazio, Napoli, Benfica dan Anderlecht. Barcelona sendiri, klub Messi saat ini, juga menjadi salah satu korban Pele dengan empat gol, dicetak dalam empat pertandingan,” tulis Santos dalam lamannya.

“Kita harus ingat bahwa klub hanya dapat memainkan pertandingan persahabatan dengan persetujuan dari federasi regional dan nasional. Itulah salah satu aturan yang diberlakukan oleh FIFA, penyelenggara sepakbola dunia,” tambah pernyataan Santos soal jumlah gol Pele.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini