Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kram Perut saat Menstruasi? Atasi dengan Posisi Tidur Ini

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 620 2340119 kram-perut-saat-menstruasi-atasi-dengan-posisi-tidur-ini-19iHGJqBHE.jpg Ilustrasi sakit kram perut saat menstruasi. (Foto: Sheknows)
A A A

KETIKA memasuki masa menstruasi, sejumlah wanita ada yang mengalami gejala kram perut. Ini bisa menyebabkan nyeri berkepanjangan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi kram perut saat menstruasi, salah satunya adalah istirahat dengan posisi tidur. Beruntung jika sakitnya hilang, tapi ketika masih terasa mungkin ada yang salah dengan posisi tidurnya.

Baca juga: 6 Penyebab Kram Perut saat Tidak Menstruasi 

Dikutip dari Teen Vogue, Kamis (7/1/2021), National Sleep Foundation banyak mendapat keluhan dari para wanita terkait kondisi kram selama dan sesaat sebelum menstruasi.

Ilustrasi kram perut.

Memang saat datang bulan tubuh akan mengalami perubahan hormon yang memengaruhi seberapa baik kualitas tidur wanita. Maka itu, ketahuilah bahwa ada beberapa posisi tidur yang bisa mengurangi kram menstruasi.

Hal ini patut sekali dilakukan setiap datang bulan. Lalu bagaimana saja posisi tidur yang baik untuk mengurangi kram perut saat menstruasi? Berikut daftarnya.

Baca juga: Kenali Adenomiosis, Penyebab Perempuan Kram Perut saat Menstruasi 

1. Berjalan sebelum tidur

Dokter Grossman, ahli asal Amerika Serikat, menyarankan untuk meluangkan waktu sedikit dalam meredakan kram perut saat menstruasi dengan berjalan. Ini akan memungkinkan seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari.

2. Posisi janin

Dokter kandungan bersertifikat, Lisa Mindley MD, menjelaskan bahwa tidur dengan posisi janin bisa menghilangkan tekanan dari otot perut. Pasalnya, posisi itu dapat menyebabkan otot rangka di sekitar perut rileks. Makin sedikit ketegangan di perut, makin sedikit pula rasa sakitnya.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Posisi anak

Ini mirip dengan posisi janin tapi ada sedikit perbedaan. Posisi anak dilakukan dengan cara yang sama dengan tubuh yang menghadap kasur. Dokter Grossman, seorang ahli asal Amerika Serikat, mengatakan posisi ini efektif untuk meredakan kram menstruasi. Faktanya, senam bisa menjadi andalan dengan beberapa gerakannya yang melipat tubuh.

Baca juga: Jangan Berlebihan Minum Kopi ketika Menstruasi, Ini Dampaknya 

4. Posisi telentang

Posisi telentang memungkinkan diri untuk memijat perut sebelum tertidur. Ini sangat mungkin untuk mengurangi nyeri dari kram menstruasi. Gunakan bantuan minyak lavender dan kayu manis untuk memijat perut. Aromanya juga dapat membuat rileks segala ketegangan tubuh.

Baca juga: 7 Hal Tentang Masa Menstruasi yang Harus Anda Tahu 

Ilustrasi kram perut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini