Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Buat Masakan Jadi Lebih Sehat? Ini Cara Mudahnya

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 620 2360109 mau-buat-masakan-jadi-lebih-sehat-ini-cara-mudahnya-MMQC9DGae2.jpg Ilustrasi membuat masakan jadi lebih sehat. (Foto: Freepik)

BANYAK orang masih belum memahami cara membuat masakan jadi lebih sehat. Padahal dengan mengolah masakan sehat akan menjamin performa tubuh.

Membuat masakan jadi lebih sehat sebenarnya hanya mengenai metode yang dipilih. Kemudian wajib menghindari kesalahan umum dalam memasak.

Baca juga: Selain Daging, Ini 4 Makanan Sehat yang Kaya Protein 

Berikut ini cara mudah membuat masakan jadi lebih sehat, sebagaimana dilansir laman Healthsite.

1. Pakai pola 4 sehat dan 5 sempurna

Memasak sehat terdiri dari makanan dengan kelompok yang berbeda. "Pola makan sehat terdiri dari berbagai kelompok makanan yang digabungkan untuk memberi nutrisi penting yang Anda butuhkan. Baik nutrisi makro dan mikro sangat penting untuk tubuh Anda. Porsi yang baik dari biji-bijian, produk susu, kacang-kacangan dan minyak sayur, buah-buahan dan sayuran harus menjadi makanan harian seseorang," kata ahli gizi Akansha Jhalani.

Sayuran. (Foto: Healththoroughfare)

2. Gunakan bahan-bahan segar

Salah satu cara terbaik untuk memastikan Anda mengonsumsi makanan sehat adalah dengan menggunakan produk lokal segar pada masakan. Ini akan mengurangi makanan dengan zat pengawet atau makanan kemasan.

3. Pakai minyak goreng yang tepat

Anda harus menentukan minyak apa yang harus digunakan. Misalnya, minyak zaitun atau minyak jagung. Jangan menggunakan api besar saat sedang memasak menggunakan jenis minyak tersebut. Gunakan minyak dedak beras sebagai gantinya jika ingin menggunakan api besar.

Baca juga: Mi Shirataki Sangat Rendah Kalori, Simak 3 Manfaatnya untuk Kesehatan 

4. Tambahkan bumbu dan rempah-rempah

Salah satu kesalahpahaman orang tentang memasak adalah bahwa lebih banyak minyak berarti lebih banyak rasa. Sebenarnya bahan-bahan lain yang dapat menambahkan rasa itu adalah bumbu dan rempah-rempah.

5. Kurangi garam

Asupan garam yang berlebihan dapat membuat Anda rentan terhadap beberapa kondisi, termasuk tekanan darah tinggi. Menurut WHO, asupan garam harian untuk orang dewasa seharusnya hanya sekitar satu sendok teh. Jadi saat memasak, jangan terlalu banyak menambahkan garam. Hindari juga makanan olahan karena memiliki kandungan garam yang tinggi.

6. Gunakan cara memasak yang sehat

Menumis: Cara ini cukup sehat karena makanan dimasak dalam waktu singkat dengan sedikit minyak. Anda terus-menerus menumis dan mengaduk sayuran dengan api besar. Pastikan Anda hanya menambahkan sekira satu sendok makan minyak.

Memanggang: Metode memasak ini adalah salah satu yang paling sehat. Anda tidak membutuhkan minyak dan makanan terkena suhu tinggi yang berarti memasak lebih cepat. Ini membantu dalam mempertahankan nutrisi. Ini sering dilakukan dengan menggunakan wajan panggangan atau panggangan memasak.

Mengukus: Cara sehat lainnya untuk mempertahankan nutrisi makanan Anda adalah dengan mengukusnya. Melalui metode ini, makanan dimasak dengan menggunakan uap atau uap. Itu mengunci nutrisi dan tidak membutuhkan minyak apa pun. Anda bisa menghias makanan sebelum memakannya.

Baca juga: 4 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Pulihkan Kondisi Tubuh 

7. Hindari kesalahan ini saat memasak

Minyak bekas: Seringkali orang menggunakan minyak yang sama untuk menggoreng makanan berulang kali guna menghemat. Ini adalah cara memasak yang sangat tidak sehat karena meningkatkan kandungan lemak trans dalam minyak yang dapat menjadi karsinogenik terutama jika digunakan untuk menggoreng.

Menyimpan sisa sayur: Jika Anda sering memotong sayuran jauh sebelum dimasak, Anda kehilangan beberapa vitamin dan mineral saat mereka hancur saat terkena cahaya atau panas. Jadi, potong sayur sebelum Anda harus memasaknya.

Terlalu sering memanaskan makanan: Kita sering memiliki sisa makanan yang dikonsumsi selama beberapa hari ke depan, tetapi hal penting yang perlu diingat saat memanaskan kembali makanan adalah memastikan hanya memanaskan apa yang ingin Anda makan dan bukan seluruh hidangan, karena akan kehilangan nutrisinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini