Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Makanan Sumber Karbohidrat yang Cocok untuk Diet

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 620 2368300 kenali-makanan-sumber-karbohidrat-yang-cocok-untuk-diet-kYpQtwV1eu.jpg Ilustrasi makanan sumber karbohidrat untuk program diet. (Foto: Schantalao/Freepik)
A A A

SEDANG menjalankan program diet bukan berarti menghilangkan banyak asupan. Pasalnya di dalam makanan tersebut juga ada sumber energi yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah karbohidrat.

Karbohidrat sendiri bisa didapat dari nasi putih dan lauk-pauk. Tapi bagi mereka yang sedang menerapkan program diet bisa mengganti nasi putih. Pilihlah menu lain yang memiliki fungsi sama.

Baca juga: Sudah Tak Makan Nasi Berat Badan Gak Turun? Mungkin Anda Kurang Karbohidrat 

Lalu apa saja asupan yang bisa menggantikan nasi putih? Berikut penjelasannya, sebagaimana dipaparkan laman Eatthis.

1. Apel

Sudah bukan rahasia lagi jika buah apel menjadi asupan favorit orang yang sedang menurunkan berat badan. Selain sebagai sumber karbohidrat baik, apel juga tinggi serat. Sebuah penelitian di University of Western Australia menemukan bahwa varietas apel Pink Lady memiliki tingkat antioksidan flavonoid tertinggi atau senyawa pembakar lemak.

Apel. (Foto: Mdjaff/Freepik)

2. Brokoli

Sayuran hijau yang bisa menjadi pengganti karbohidrat dari nasi putih adalah brokoli. Menurut para ahli, brokoli mengandung fitonutrien yang disebut sulforaphane yang meningkatkan testosteron dan melawan penyimpanan lemak tubuh. Tapi jika tidak suka brokoli, masih bisa mengonsumsi kubis, kangkung, atau kembang kol.

3. Bayam

Selanjutnya ada sayuran hijau yang mudah ditemui dan diolah yaitu bayam. Selain mengandung karbohidrat baik, bayam juga kaya protein yang membantu pemulihan dan pertumbuhan otot usai berolahraga. Terlebih lagi, daun hijau ini juga kaya tilakoid, senyawa yang telah terbukti secara signifikan mengurangi keinginan ngemil.

Baca juga: Suka Makan Combo Mi Instan Pakai Nasi? Ternyata Ini Bahayanya 

4. Pisang

Jika merasa lapar karena sedang mengurangi atau tidak makan nasi putih, cobalah mengonsumsi pisang. Buah berwarna kuning ini dipercaya bisa mengecilkan perut yang buncit.

Pisang juga kaya glukosa, gula yang sangat mudah dicerna, bisa memberikan energi cepat, dan kandungan kaliumnya tinggi untuk membantu mencegah kram otot selama olahraga. Selain itu, satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekira 36 gram karbohidrat baik.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini