Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Tips Sehat Puasa di Masa Pandemi Covid-19, Mudah Dipraktikkan Lho

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 620 2397876 3-tips-sehat-puasa-di-masa-pandemi-covid-19-mudah-dipraktikkan-lho-QRFcjyLMDR.jpg Ilustrasi puasa Ramadhan. (Foto: Shutterstock)

PUASA Ramadhan selama 12 jam di siang hari dan bangun pada tengah malam bisa menjadi tantangan tersendiri. Ditambah lagi dengan adanya tantangan tambahan berupa pandemi covid-19. Kondisi tersebut tentu menjadi perhatian khusus untuk membuat sistem kekebalan tubuh tetap sehat.

Sejumlah ahli memberikan saran agar bisa lancar menjalankan ibadah puasa Ramadhan di masa pandemi covid-19 ini. saran tersebut sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Langsung saja, dikutip dari laman Boldsky, Selasa (20/4/2021), berikut ini tips menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat saat puasa di masa pandemi covid-19.

Baca juga: Lezatnya Bubur Sabilal, Menu Legendaris Buka Puasa Khas Banjarmasin 

1. Jangan melewatkan sahur

Jangan hanya menunggu buka puasa; pastikan bangun di pagi hari untuk sahur. Makan dua kali selama bulan puasa memungkinkan sistem kekebalan menjadi lebih aktif karena ini memungkinkan tubuh memfokuskan energinya satu per satu, meningkatkan pencernaan yang lebih baik juga. Saat tidur nyenyak, itu akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif karena tubuh stres akibat kelaparan berkepanjangan.

Ilustrasi puasa Ramadhan. (Foto: Reuters)

2. Hindari gorengan berlebih

Tidak semua gorengan tidak sehat, tetapi mengonsumsi gorengan selama musim puasa dapat memengaruhi kesehatan usus dan jantung. Selama berpuasa, hindari makan keripik kentang goreng, gorengan berminyak, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesegaran Mulut saat Puasa Ramadhan 

3. Tingkatkan asupan cairan

Tingkatkan asupan cairan dengan memasukkan berbagai jenis minuman dan makanan. Anda dapat memulai hari dengan minuman detoks dan terus meminumnya sepanjang hari. Air kelapa, jus lemon, jus mint, teh hijau adalah beberapa pilihan bagus lainnya. Pertahankan asupan air putih 2 liter atau setara dengan 8 sampai 9 gelas sehari.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini