Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Foto Terbaru Batu Hajar Aswad, Terlihat Ukiran Mirip Kakbah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 620 2405945 foto-terbaru-batu-hajar-aswad-terlihat-ukiran-mirip-kakbah-9AZ5g3xYny.jpg Batu Hajar Aswad. (Foto: Twitter @hsharifain)
A A A

HAJAR Aswad kini bisa diketahui wujudnya secara detail. Ini setelah Pemerintah Arab Saudi merilis foto terbarunya yang diambil menggunakan teknik fotografi dan pencitraan terbaru.

Di dalam foto tersebut bisa dilihat dengan jelas bagaimana rupa batu hitam Hajar Aswad yang Allah Subhanahu wa ta'ala turunkan dari surga tersebut.

Baca juga: Hajar Aswad Batu Putih dari Surga Berubah Hitam karena Dosa Manusia 

Terdapat tiga foto yang dibagikan akun Twitter @hsharifain. Ketiga foto itu memperlihatkan detail dari batu Hajar Aswad yang dipercaya memiliki keistimewaan.

Foto pertama memperlihatkan rupa Hajar Aswad yang dilindungi oleh lingkaran perak. Foto semacam ini sudah sering kita lihat di media sosial. Lalu foto kedua lebih detail memperlihatkan bentuk batu tersebut secara keseluruhan. Kemudian foto ketiga memperlihatkan adanya batu hitam di Hajar Aswad.

Batu Hajar Aswad. (Foto: Twitter @hsharifain)

Menariknya, seorang netizen dengan nama akun Twitter @iamsam48844666 memberi tahu ada ukiran mirip Kakbah di batu Hajar Aswad. Bentuk menyerupai Kakbah tersebut ada di bagian atas batu Hajar Aswad.

Tidak jelas memang bentuk dari tampilan yang ada di batu tersebut, tapi jika diperhatikan dengan saksama bentuk yang dianggap Kakbah itu seperti tampilan Kakbah dari atas yang dikelilingi bangunan Masjidil Haram.

"Kamu bisa lihat gambar Kakbah di batu Hajar Aswad," ungkap netizen.

Baca juga: Mengapa Hajar Aswad Perlu Dicium, Apakah Ini Sunah Rasulullah? 

Lalu akun @hsharifain memberikan klarifikasi mengenai anggapan bahwa ada gambar Kakbah di batu Hajar Aswad. "Itu sebenarnya tanda air," tulis akun yang membagikan foto secara resmi.

Hajar Aswad sendiri merupakan batu hitam berasal dari surga melalui Malaikat Jibril. Batu ini terletak di sudut sebelah tenggara bangunan Kakbah yaitu sudut ketika Tawaf dimulai.

Hajar Aswad diketahui bagian dari jenis batu ruby. Batu Hajar Aswad terdiri atas delapan keping yang terkumpul dan diikat dengan lingkaran perak.

Batu Hajar Aswad. (Foto: Twitter @hsharifain)

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini