Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Cuma Turunkan Berat Badan, Bersepeda Juga Atasi Masalah Tulang

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 21:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 620 2425110 bukan-cuma-turunkan-berat-badan-bersepeda-juga-atasi-masalah-tulang-zgma511kvu.jpg Ilustrasi sepeda. (Foto: Pexels/Pixabay)
A A A

SEPEDA adalah salah satu alat transportasi yang paling mudah, ramah lingkungan, terjangkau, dan sederhana. Namun terlepas dari itu, bersepeda dinilai sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat menggowes sepeda untuk kesehatan tubuh manusia? Berikut penjelasannya, seperti dirangkum dari laman Pinkvilla.

Baca juga: Daftar Makanan Wajib Pengendara Sepeda agar Tubuh Tetap Aktif dan Bugar 

1. Menurunkan berat badan

Bersepeda adalah cara yang bagus untuk mengurangi berat badan. Ini meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak. Jadi jika Anda coba menurunkan berat badan, maka berlatih bersepeda, barengi dengan mempertahankan rencana diet yang sehat.

Ini adalah cara yang nyaman untuk berolahraga, juga karena Anda dapat memilih waktu dan mempertahankan kecepatan sendiri yang nyaman.

2. Atasi penyakit kardiovaskular

Bersepeda secara teratur membantu meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, sirkulasi darah, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

Ini juga memperkuat otot jantung, mengurangi kadar lemak darah, menurunkan denyut nadi istirahat, dan lain-lain. Lalu yang paling penting, orang-orang dari segala usia dapat melakukan olahraga bersepeda.

3. Turunkan risiko diabetes

Diabetes adalah salah satu masalah kesehatan utama di antara orang-orang di seluruh dunia. Kemudian kurangnya aktivitas adalah salah satu faktor paling umum dari masalah ini. Namun bersepeda selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan risiko terkena diabetes hingga 40 persen.

Baca juga: Hari Bersepeda Sedunia, Berikut 5 Tips Turunkan Berat Badan dengan Sepedaan 

4. Memperbaiki masalah tulang dan osteoarthritis

Bersepeda meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan. Bersepeda sangat ideal untuk orang dengan masalah osteoarthritis karena ini adalah latihan berdampak rendah yang memberikan sedikit tekanan pada persendian.

5. Meningkatkan masalah kesehatan mental

Bersepeda secara teratur bermanfaat untuk masalah kesehatan mental karena meningkatkan stres, depresi, dan kecemasan dengan memberikan kegembiraan yang luar biasa kepada pengendaranya.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini