Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prof Wiku Buktikan Meski 2 Kali Divaksin Tak Kebal Covid-19

Binti Mufarida, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 620 2429452 prof-wiku-buktikan-meski-2-kali-divaksin-tak-kebal-covid-19-TcoM2IzoVE.jpeg Juru Bisara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Foto: BNPB)
A A A

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan, penularan Covid-19 di masyarakat masih terjadi. Bahkan, meski sudah divaksin tak berarti kebal dari Covid-19..

Wiku membuktikan meski dirinya telah mendapatkan suntikan vaksinasi dua kali, namun kini dinyatakan positif Covid-19.

“Saya telah memperoleh vaksin lengkap sebanyak dua kali dan saat ini dinyatakan positif Covid-19,” kata pria bergelar profesor itu dalam siaran pers yang diterima, Rabu (23/6/2021).

“Hal ini memperlihatkan bahwa penularan masih ada dan vaksin tidak sepenuhnya melindungi dari penularan, kekebalan individu tidaklah cukup dalam meredam penularan dan untuk mengatasinya dibutuhkan kekebalan komunitas (herd immunity),” papar Wiku.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 Meningkat 92%, Satgas: Sangat Tajam, Tidak Dapat Ditoleransi!

Sementara itu, melengkapi seluruh upaya pengendalian Covid-19, pemerintah juga terus berupaya memasifkan vaksinasi. Salah satunya dengan mendatangkan vaksin Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi di dalam negeri.

Di mana, pemerintah Indonesia pada 20 Juni 2021, kembali menerima kedatangan vaksin bulk (bahan baku) dari Sinovac yang menjadi kedatangan ke-17 Covid-19, sebanyak 10 juta dosis.

Wiku mengatakan dengan kedatangan tambahan vaksin ini, menjadi upaya pemerintah untuk mengakselerasi tercapainya herd immunity. “Sehingga diharapkan masyarakat dapat ikut serta dalam program vaksinasi dan juga tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan sehingga dapat meminimalisasi penularan yang dapat terjadi,” katanya.

Baca Juga: RSUP Fatmawati Tak Lagi Terima Pasien Non-Covid

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini