Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biasa 6 Bulan Sekali, Amankah Ivermectin Diminum 5 Hari seperti pada Uji Klinik?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 620 2432570 biasa-6-bulan-sekali-amankah-ivermectin-diminum-5-hari-seperti-pada-uji-klinik-y7nXoEYq60.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

IVERMECTIN adalah obat cacing atau antiparasit. Obat ini pun mendapat izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai obat cacing.

Penggunaan obat Ivermectin pada umumnya sebagai pembunuh cacing yang ada di saluran cerna. Sama seperti obat cacing lainnya, Ivermectin sebagai obat cacing dikonsumsi 6 bulan sekali, bukan setiap hari.

Tapi, BPOM dalam keterangannya menjelaskan bahwa uji klinik Ivermectin di Indonesia akan menggunakan Ivermectin pada subjek penelitian untuk 5 hari berturut-turut. Artinya, setiap hari pasien Covid-19 yang terlibat dalam uji klinik akan mengonsumsi obat cacing tersebut tapi dengan dosis tertentu.

Ivermectin

Menanggapi hal ini, Pakar Kesehatan Prof Ari Fahrial Syam menjelaskan bahwa karena penggunaan Ivermectin berbeda dari biasanya yaitu obat cacing, maka aturan konsumsi 5 hari berturut-turut sudah dipastikan sesuai dengan etik yang telah disetujui.

"Disain uji klinik yang akan dijalani peneliti sudah dipastikan sesuai dengan hasil studi sebelumnya dan data-data publikasi yang telah tayang di jurnal internasional, sehingga penggunaan 5 hari berturut-turut sudah menjadi perhatian mereka dan sudah dipertimbangkan bagi tubuh pasien," papar Prof Ari saat dihubungi MNC Portal, Senin (28/6/2021).

Baca Juga Kepala BPOM: Dokter Boleh Beri Ivermectin ke Masyarakat yang Butuh

Beberapa obat akan dialihfungsikan sebagai terapi pengobatan lain. Hal ini juga dapat dilihat contohnya pada obat Avigan. Menurut Prof Ari, ini obat tersebut yang pada pemakaian biasa, dosisnya tak mungkin sama dengan penggunaan untuk pasien Covid-19 saat ini.

"Untuk pasien Covid-19 penggunaannya dinaikkan dosisnya. Di penggunaan pertama, pasien Covid-19 akan meminum 2x8 tablet, 5 hari berikutnya 2x3 tablet. Ya, kalau penggunaan biasa tidak setinggi itu," tuturnya memberi contoh konkrit.

Sama juga dengan Ivermectin ini, Prof Ari cukup yakin bahwa dosis yang dipakai untuk pasien Covid-19 tidak akan sama dengan yang dipakai untuk pengobatan infeksi cacing. Sebab, dua masalah tersebut berbeda kondisi dan penanganannya.

"Ini prosedur riset dan sudah pasti tim peneliti memikirkan dengan baik langkah apa saja yang akan dilakukan secara matang," terangnya.

Karena itu juga, sangat penting bagi masyarakat untuk tidak sembarang menggunakan Ivermectin. "Itu kenapa semua dokter bahkan BPOM mewanti-wanti masyarakat agar tidak mengonsumsi obat ini sembarangan tanpa anjuran dokter karena akan sangat berbahaya jika dipakai tanpa pantauan dokter," saran Prof Ari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini