Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belum Ada Bukti Kuat Ivermectin Bisa Jadi Terapi Pengobatan Covid-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 03 Juli 2021 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 620 2434652 belum-ada-bukti-kuat-ivermectin-bisa-jadi-terapi-pengobatan-covid-19-KwPs9mYxZd.jpg Ivermectin (Foto : News Medical)

IVERMECTIN menjadi topik hangat di kalangan masyarakat. Hal ini karena dipercaya bisa mengobati pasien Covid-19

Anggapan ini sangat disayangkan oleh Epidemiolog UI, dr. Pandu Riono, MPH,Ph.D. Dokter Pandu menyebutkan obat Ivermectin yang izin edarnya untuk mengatasi penyakit kecacingan, merupakan obat keras. Jika tak sesuai penggunaannya alias tanpa resep dokter, maka bisa merugikan. 

“Ini adalah obat keras, obat bisa merugikan dalam pengertian harapannya bisa memberikan manfaat tapi bisa merugikan kalau pemakaiannya tak sesuai dengan indikasi dan dosis yang sesuai,” ujar dr. Pandu Riono, MPH,Ph.D. dalam konferensi pers Penggunaan dan Pengawasan Peredaran Ivermectin BPOM, Jumat 2 Juli 2021.

Ivermectin

Selain itu, dr Pandu menyebut kita harus merujuk pada pedoman WHO, Menurut badan kesehatan dunia tersebut disarankan dipakai dalam rangkaian uji klinis yang baru saja dimulai.

“WHO menyarankan ini dipakai dalam rangkaian uji klinis, ini dilakukan di Inggris pada orang-orang terdaftar yang isolasi di rumah, tidak di rumah sakit tapi termonitor. Belum ada bukti yang menyatakan obat ini bisa diklaim secara scientific sebagai terapi pengobatan Covid-19,” tegasnya.

Baca Juga : Heboh Ivermectin untuk Covid-19, BPOM Tegaskan Masih Perlu Uji Klinik Akurat

Dokter Pandu mengimbau masyarakat untuk jangan langsung percaya dengan klaim obat-obatan yang belum tentu benar.

“Kita harus skeptic jangan langsung muda percaya, jangan percaya dengan klaim-klaim obat yang belum tentu benar tanpa riset dan penelitian yang baik dan terpercaya,” pungkas dr. Pandu Riono.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini