Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sedang Isolasi Mandiri, Hindari Makanan Pedas, Asin dan Tinggi Gula

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 620 2441508 sedang-isolasi-mandiri-hindari-makanan-pedas-asin-dan-tinggi-gula-R25kUii77J.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)
A A A

MENJALANI isolasi mandiri (isoman), penting bagi pasien Covid-19 memerhatikan asupan makan yang dikonsumsi setiap hari. Ingat, makanan yang bergizi seimbang bisa mempercepat proses penyembuhan.

Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K, mengatakan saat ini ada beberapa jenis makanan yang wajib dihindari dan dikurangi selama masa pandemi Covid-19. Sebab, beberapa makanan ini tanpa disadari bisa memperburuk kesehatan tubuh pasien, dan menyebabkan masyarakat yang sehat jadi rentan terinfeksi Covid-19.

“Memang ada makanan yang harus dihindari selama isoman. Hindari makanan yang meningkatkan inflamasi atau peradangan. Ada kasus sitokin storm (badai sitokin) pada kasus gejala berat dimana terjadi peradangan dalam tubuh yang tinggi,” ungkap dr. Yohan dalam Live Instagram Series Bersama Okezone dan Sindonews ‘Asupan Gizi yang Bantu Sembuh dari Covid-19', Kamis (15/7/2021).

Junkfood

Ia pun menjelaskan sejumlah makanan yang bisa memperburuk pasien Covid-19 yang melakukan isoman, di antaranya adalah makanan cepat saji (fastfood), frozen food, gorengan, dan makanan tinggi lemak lainnya. Menurutnya kondisi kesehatan seseorang akan semakin bertambah parah karena mengonsumsi makanan tersebut.

“Selain itu makanan tinggi gula, seperti kue dll. Makanan yang mengandung gula dan tepung akan membuat antibodi menurun dan oksidan dan radikal bebas meningkat. Hindari makanan yang asin, dan MSG untuk mencegah hipertensi. Makanan ini juga bisa menghindari obesitas yang memicu risiko Covid-19. Makanan pedas dan asam juga dihindari karena mengganggu sistem pencernaan yang akan menambah gejala Covid-19,” tambahnya.

Baca Juga : Isolasi Mandiri, Jangan Konsumsi Obat dan Vitamin Bermodal Lihat di Medsos

Di sisi lain, seseorang juga tidak harus selalu mengonsumsi makanan yang direbus dan di kukus selama masa isolasi mandiri. Sebab sebagian besar penderita Covid-19 tidak bisa membau dan merasakan makanan, jadi harus mengonsumsi makanan yang disukai selama isoman.

“Yang penting gizi seimbang, boleh digoreng tapi ada 1-2 jenis saja. Lebih baik makanan dimasak sendiri dan jangan beli dari luar. Karena makanan dari luar tinggi GGL (Gula, Garam, Lemak),” tuntasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini