Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Vaksin untuk Ibu Menyusui, Bisa Berikan Antibodi untuk Bayinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 620 2450916 pentingnya-vaksin-untuk-ibu-menyusui-bisa-berikan-antibodi-untuk-bayinya-afHz0toH1c.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

MESKIPUN vaksin Covid-19 sudah boleh dilakukan untuk ibu hamil dan menyusui, tapi masih banyak masyarakat yang bertanya-tanya, apakah vaksin Covid-19 aman untuk ibu menyusui?

Memang, lewat Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/368/2021 per 11 Februari 2021, tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, ibu hamil dan ibu menyusui serta anak-anak di atas usia 12 tahun sudah bisa mendapatkan vaksin.

Meski demikian, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF mengingatkan para ibu yang positif Covid-19 untuk tetap menyusui bayi mereka, begitu pun dengan mereka yang sudah divaksin. Menurut WHO, tidak ada bukti yang cukup untuk menyimpulkan adanya penularan vertikal Covid-19 melalui menyusui.

Di sisi lain, risiko bayi yang disusui terkena Covid-19 rendah. Kalaupun terinfeksi biasanya ringan atau tanpa gejala, sementara konsekuensi tidak menyusui dan pemisahan antara ibu dan anak dapat menjadi signifikan.

Anjuran tetap menyusui juga diperuntukkan pada ibu yang sudah divaksin Covid-19. Perwakilan UNICEF Indonesia, Debora Comini mengatakan, penting memastikan ibu mendapatkan vaksin Covid-19 agar mereka terlindungi dari virus SARS-CoV-2 sehingga mampu mengasuh dan merawat anak mereka.

"Saat ini, dukungan terhadap ibu menyusui sangat dibutuhkan agar ibu dapat memberikan anak-anaknya awal yang terbaik dalam hidup mereka. Untuk itu, kita harus pastikan semua ibu menyusui menerima vaksin Covid-19 agar mereka terlindung dari virus corona sehingga mampu mengasuh dan merawat anaknya," kata dia seperti dikutip dari laman resmi UNICEF Indonesia.

Pakar nutrisi UNICEF Indonesia Ninik Sukotjo menambahkan, ibu yang menyusui bisa dan aman untuk disuntikkan vaksin Covid-19.

Ibu menyusui sudah dinyatakan aman divaksin Covid-19. Beberapa dokter pun tidak menentukan vaksin mana yang lebih aman untuk ibu menyusui, karena semua jenis vaksin sudah terbukti aman dan memberikan manfaat yang serupa yaitu proteksi dari infeksi Covid-19.

"Untuk merek mana yang paling direkomendasikan, tidak ada spesifik karena semua merek vaksin aman dan sudah disarankan ahli maupun Kementerian Kesehatan," kata Dokter Caessar Pronocitro, Sp.A dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya saat live Instagram @Ibu2Canggih.

Banyak juga pertanyaan diajukan masyarakat terkait apakah benar antibodi dari ibu divaksin Covid-19 keluar melalui ASI? Yang mana artinya, si bayi minum ASI dari ibu yang divaksin secara tidak langsung memiliki antibodi melawan Covid-19?

Follow Berita Okezone di Google News

Dokter Caessar membenarkan hal tersebut. Artinya betul bahwa ASI dari ibu divaksin Covid-19 mengandung antibodi yang bisa melawan Covid-19.

"Antibodi yang dibentuk tubuh dari ibu yang divaksin Covid-19 ini keluar lewat ASI. Jadi, secara tidak langsung bayi dari ibu yang divaksin punya proteksi antibodi melawan Covid-19," katanya.

Bahkan, American Journal of Obstetrics and Gynecology (AJOG) sudah mempublikasikan penelitian yang mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 bukan hanya aman untuk ibu menyusui, namun juga memiliki manfaat untuk bayinya.

"Karena antibodi yang diproduksi oleh tubuh ibu sebagai respon imun terhadap vaksin ditemukan juga pada ASI yang diminum bayi. Tapi seberapa besarnya, kadar antibodi dalam ASI, belum ada penelitian lanjutan, yang jelas tidak seampuh dengan orang yang langsung menerima vaksin," tambah dr Caessar.

Sebelum mendapatkan vaksinasi Covid-19, pastikan syarat-syarat berikut ini terpenuhi:

1. Suhu tubuh ibu menyusui di bawah 37,5 derajat celcius.

2. Sang ibu tidak demam atau batuk selama 7 hari terakhir.

3. Tidak kontak dengan pengidap Covid-19 dalam waktu 14 hari terakhir.

4. Tekanan darah ibu di bawah 180/110 mmHg.

5. Memenuhi syarat sesuai skrining riwayat kesehatan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini