Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sandiaga Prihatin Lihat Pedagang di Danau Maninjau Omsetnya Anjlok karena Pandemi

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 28 Agustus 2021 00:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 620 2462316 sandiaga-prihatin-lihat-pedagang-di-danau-maninjau-omsetnya-anjlok-karena-pandemi-ud9BUvL5WJ.JPG Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Kemenparekraf)

PARA pedagang kecil di sekitar lokasi destinasi wisata salah satu pelaku sektor ekonomi kreatif yang paling terdampak pandemi COVID-19. Omset mereka turun drastis bahkan tak sedikit yang tidak bisa berjualan karena ditutupnya objek wisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Jumat (27/8/2021), meninjau langsung masyarakat yang bergantung hidup pada objek wisata di Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Sandiaga menemui pedagang yang berjualan di lokasi tersebut.

Baca juga:  Sandiaga Ajak Milenial Jadikan Indonesia Pusat Ekowisata Dunia

“Pedagang kayak mbak Fitri ini, sebelum pandemi omsetnya bisa Rp300 ribu sehari. Tapi sekarang setelah pandemi turun dua kali lipat cuma sekitar Rp100 sampai 150 ribu,” kata Sandi.

 

Merujuk pada program revitalisasi Danau Maninjau, yang menjadi salah satu program revitalisasi wisata garapan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Kementerian Kemaritiman dan Investasi.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan kenormalan baru, Sandi menyebutkan, ia mengharapkan para pedagang UMKM saat ini sudah harus memiliki skill di bidang digital sebagai salah satu bentuk pengembangan usaha.

Baca juga:  "Kampung Buya Hamka Adalah Surga"

“Pengembangannya, kita ingin keterampilan para pedangan UMKM ini untuk bisa berjualan online, menciptakan konten-konten kreatif ini bisa dilatih dan didampingi. Jadi, produk-produknya bisa dipasarkan ke kota Jakarta, Bandung, dan berbagai kota,” pungkas Sandi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini