Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai Serangan Penyakit Menular di Masa Pandemi Covid-19

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 02 September 2021 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 620 2464679 waspadai-serangan-penyakit-menular-di-masa-pandemi-covid-19-FOSAD94UiJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

PENYAKIT Covid-19 memang memiliki karateristik yang sangat mudah menular. Virus Covid-19 pun menular lewat droplet yang dikeluarkan ketika orang bersin atau bahkan ketika berbicara.

Tapi, bukan berarti penyakit lain tidak perlu diwaspadai loh. Banyak penyakit infeksi berbahaya lain yang juga harus mendapat perhatian ketika terpapar.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M. Faqih mengingatkan masih ada sejumlah penyakit infeksi selain Covid-19 yang tingkat kasusnya masih tinggi dan perlu diwaspadai terutama menjelang musim hujan.

"Jelang musim hujan ada penyakit infeksi seperti demam berdarah yang jumlah kasusnya banyak dan tingkat kematiannya masih tinggi sekali," ujar Daeng seperti dilansir dari Antara.

Selain demam berdarah, Daeng menyebutkan penyakit infeksi seperti tubercolosis atau TBC dan HIV juga memiliki tingkat kasus yang tinggi di Indonesia, bahkan jumlah kasusnya menduduki rangking lima besar di dunia.

"Ini belum termasuk beberapa penyakit yang sudah kita coba eradikasi seperti polio, namun di beberapa wilayah kasusnya masih tetap muncul ke permukaan," jelas Daeng.

Follow Berita Okezone di Google News

Tingginya jumlah kasus penyakit infeksi di Indonesia seperti mematahkan pernyataan para pakar bahwa penyakit infeksi telah mengalami banyak penurunan dan banyak kasus mengarah pada penyakit gaya hidup.

Penyakit gaya hidup ini adalah jenis penyakit tidak menular, yang umumnya disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik, makan yang tidak sehat, konsumsi alkohol berlebihan, konsumsi narkoba, dan merokok.

"Tapi kenyataannya penyakit infeksi ini masih banyak, tidak hilang juga, malah bertambah penyakit akibat pandemi corona. Ini harus diperhatikan oleh masyarakat supaya lebih waspada," katanya.

Oleh karena itu, ada empat hal yang harus kita jaga supaya tidak mudah sakit apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. "Yang pertama adalah perilaku, kemudian lingkungan, lalu daya tahan tubuh dan terakhir pelayanan kesehatan," tukas Daeng.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini