Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Vaksinasi, Ini 5 Langkah Strategis Sandiaga Pulihkan Pariwisata dan Ekraf

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 620 2468015 selain-vaksinasi-ini-5-langkah-strategis-sandiaga-pulihkan-pariwisata-dan-ekraf-R1XZaiAv4M.jpg Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Kemenparekraf)
A A A

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, berbagai strategi pariwisata dan ekonomi kreatif yang dapat dilakukan pascapandemi COVID-19. Salah satunya adalah akselerasi vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan berbasis Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE).

Sandiaga menjelaskan bahwa kunci untuk mengahdirkan rasa aman, dan nyaman bagi para wisatawan sekaligus kebangkitan sektor parekraf adalah program vaksinasi dan protokol kesehatan.

"Ini yang akan terus kita lakukan. Sehingga ketika saatnya tiba, kita siap menyambut wisatawan,” ujarnya dalam keterangan resminya saat menghadiri Pekan Orientasi Calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP), di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (7/9/2021).

Baca juga:  Kasus COVID-19 Menurun, Sandiaga Uno Ingatkan Masyarakat Jangan Eforia

Ia melanjutkan, secara global kondisi sektor parekraf kini sedang terpuruk akibat pandemi. Hal ini terlihat dari data yang dihimpun oleh World Travel & Tourism Council sekitar 174,4 juta pekerja di sektor ini kehilangan pekerjaan sepanjang tahun 2020.

Akan tetapi Sandiaga tetap optimis, bahwa sektor parekraf secara perlahan akan pulih, dan bangkit kembali dari keterpurukan akibi dampak dari pandemi COVID-19.

 

Selain vaksinasi dan protokol kesehatan, kata Sandiaga, juga telah menyiapkan lima langkah strategis untuk mendorong pemulihan ekonomi kreatif dan pariwisata, yaitu:

1. Peningkatan kapasitas SDM yang berbasis pada kualitas dan berkelanjutan lingkungan. "Ini yang sedang kita persiapkan secara 360 derajat," terangnya.

2. Revitalisasi destinasi dan infrastruktur ekraf.

Baca juga:  Respons Pidato Jokowi, Sandiaga Uno Percepat Akselerasi Digital Pelaku Ekraf

3. Peningkatan resiliensi dan daya saing usaha, melalui pemberian insentif, akses permodalan, sertifikasi usaha, dan CHSE.

4. Inovasi produk dan jasa yang lebih berkualitas dan berkearifan lokal.

5. Pemulihan dan perluasan pasar, melalui program BeliKreatifLokal, Bangga berwisata #DiIndonesiaAja, serta pemasaran produk ekraf.

Follow Berita Okezone di Google News

Menurut Sandiaga langkah konkrit ini tidak akan berjalan dengan maksimal apabila tidak didukung dengan adanya inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dari berbagai pihak.

 Ilustrasi

Oleh karena itu, peran aktif stakeholder yang dalam hal ini para calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) sangat diperlukan, sehingga ekonomi dapat segera pulih dan terbuka lapangan pekerjaan.

"Selamat dan sukses untuk calon-calon Duta Besar kita. Dan mudah-mudahan kita bisa saling perkuat kolaborasi ke depan demi kemajuan ekonomi Indonesia," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini