Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masuki Musim Penghujan, Pemprov DKI Pangkas Pohon yang Rawan Tumbang

Dominique Hilvy Febiani, Jurnalis · Senin 20 September 2021 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 620 2473863 masuki-musim-penghujan-pemprov-dki-pangkas-pohon-yang-rawan-tumbang-57DEHdKHSV.jpeg Pemangkasan pohon di Jakarta (foto: ist)

JAKARTA - Kepala Seksi Kehutanan dan Jalur Hijau Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Atang Setiawan mengatakan, pihaknya melakukan topping atau pe­mangkasan pucuk dan ranting hingga penebangan pohon. Hal ini guna mengangtisipasi adanya pohon tumbang menjelang musim hujan

Diketahui, sebanyak 100 pohon dari berbagai jenis dan ukuran di Jalan Persahabatan Timur, Rawamangun, Pulogadung, ditoping 14 Satgas Hijau Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur.

Baca juga:  BMKG: Intensitas Hujan Meningkat pada Bulan Oktober

Atang mengatakan, penopingan pohon jenis Mahoni, Tanjung dan Angsana ini dilakukan sejak lima hari lalu dan ditargetkan tuntas, Minggu 19 September 2021 hingga hari ini.

"Proses penopingan memakan waktu lima hari dan hari ini tuntas. Pekan depan dilanjutkan kembali di kawasan depan RS Persahabatan," kata Atang sebagaimana dikutip di laman resmi pemprov DKI, Senin (20/9/2021).

 Baca juga: 5 Fakta Cuaca Ekstrem Intai Sejumlah Daerah Sepekan ke Depan, Ini Peringatan BMKG

Menurut Atang, penopingan 100 pohon ini merupakan lanjutan dari program Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, pada Agustus lalu. Karena kondisi pohon sangat rindang dan dikhawatirkan tumbang tumbang saat hujan deras disertai angin kencang.

"Penopingan untuk mencegah pohon tumbang. Apalagi saat ini hujan deras disertai angin kencang kerap terjadi di wilayah Jakarta Timur," pungkasnya.

(wal)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini