Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serba Digital, UMKM Harus Melek Teknologi

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 620 2479225 serba-digital-umkm-harus-melek-teknologi-YJSbttwYMb.jpg UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Digitalisasi sangat berperan penting dalam pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, teknologi digital harus digaungkan dan diimplementasikan di sektor UMKM untuk membangun ekosistem yang lebih baik lagi khususnya di daerah.

“Bagaimana teknologi sekarang ini bisa dibawa ke UMKM karena UMKM ini kan manusia yang harus kita bimbing, didik supaya melek dan bangkit, OJK juga yang harus digarda terdepan,” kata Wimboh dalam acara virtual, Kamis (30/9/2021).

Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 seluruh kegiatan tengah bertansformasi digital dari berbagai aspek kehidupan di daerah maupun nasional.

“Ini jadi catatan dan tantangan bagi kita ketika semuanya serba teknologi, sekarang saya mau cari makan lewat teknologi, pesen kendaraan teknologi, transaksi juga saya virtual bahkan sign in tanda tangan juga pakai teknologi, nah ini harus diaplikasikan di UMKM,” katanya.

Menurut data, UMKM memberikan kontribusi 65% terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Peran UMKM sangat tinggi, ruangnya masih besar ekspor kita 15,6% UMKM adalah segalanya bagi pemerintah, makanya kalau pandemi UMKM nomor pertama kami kasih insentif ada subsidi dan berbagai anggaran serta ruang lainnya akan terus dikembangkan,” katanya.

Dengan demikian, peran OJK sangat besar dalam membina, dirinya mencatat unployement masih tinggi maka harus bangun ekosistem UMKM mulai dari pemasaran yang nasional hingga global.

“Kita berharap ini bisa merangkul UMKM untuk lebih go digital dan bagaimana mereka bisa melek dan on boading dan kita punya satgas keuangan untuk umkm bisa menjadi e-commerce yang lebih baik dan bisa menciptakan ekosistem umkm lebih baik lagi khususnya di daerah," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini