Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wih! Investor Saham di Daerah Ini Didominasi Pelajar

Agregasi Harian Neraca, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 620 2481011 wih-investor-saham-di-daerah-ini-didominasi-pelajar-x5g6Pt6fZ6.jpg Jumlah investor pasar modal didominasi pelajar (Foto: Okezone.com)
A A A

JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan, mayoritas investor pasar modal di Maluku dan Maluku Utara (Malut) adalah pelajar dan mahasiswa.

”Di Maluku dan Malut sekarang ada 8.345 investor saham, di mana tahun ini sudah meningkat 3.058 investor dan merupakan kenaikan tertinggi sepanjang BEI hadir sejak tahun 2017. Sementara tahun lalu hanya mengalami kenaikan sekitar 1.600-an investor saham," kata Kepala BEI Perwakilan Maluku, Alberto Dachi di Ambon.

Baca Juga: Simak Edukasi MNC Sekuritas: Apa itu Bookbuilding, Offering dan Allocation?

Untuk investor saham terbanyak, kata dia, adalah pelajar dan mahasiswa 35%, pegawai swasta 25%, pegawai negeri sipil 13%, serta lain-lain 10%, ibu rumah tangga 2%, dan pengusaha 12%. Namun untuk aset terbesar adalah pegawai swasta dan pengusaha. Kemudian rata-rata investor aktif juga alami kenaikan per bulan sebanyak 977 investor atau dua kali lipat dibanding tahun 2020.

Baca Juga: Bye! Bentoel (RMBA) Delisting Tinggalkan BEI, Bakal Go Private

Banyak masyarakat yang mulai berinvestasi di pasar modal. Yang lebih menarik lagi, kata dia, sebaran investor ini sudah mulai merambah ke berbagai daerah lain meskipun mayoritas masih di pulau Jawa yang mencapai hampir 80%. Sekarang makin merata, kata dia, walau pun masih tetap didominasi investor di Pulau Jawa.

Follow Berita Okezone di Google News

Tahun lalu, kata dia, investor pasar modal di pulau Jawa mencapai 71% dan sekarang 69% dan sisanya ada di Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara Timur.”Ini menandakan penyebaran informasi dan edukasi terhadap masyarakat semakin baik, sehingga mendorong masyarakat di luar Pulau Jawa mulai masuk ke pasar modal," ujar Alberto.

Di BEI Perwakilan Maluku, kata dia, ada dua perusahaan sekuritas yaitu Philip Sekuritas Indonesia serta Phintraco Sekuritas.”Kemudian tahun ini tercatat sudah sepuluh galeri investasi yang ada di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, FSEI IAIN Ambon, FTIK IAIN Ambon, UKIM, Polnam, STIKIP GR Masohi, Uniqra Buru, UNKHAIR dan IAIN Ternate (Maluku Utara), serta UMMU Ternate," jelas Alberto.

Selain itu, dia mengatakan, ada kerja sama baru dalam bentuk galeri investasi edukasi dengan SMK Negeri 1 serta SMK Negeri 6 Ambon, dan tahun ini masih ada penambahan sejumlah sekolah. Asal tahu saja, BEI Perwakilan Maluku hingga kini masih terus melaksanakan program kerja sama galeri investasi dengan berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta. Bahkan pihaknya pada 2021 ada penambahan kerja sama galeri investasi dengan kampus Universitas Iqradi Kabupaten Buru. Begitu pun kerja sama galeri edukasi dengan SMK Negeri 1 Ambon serta SMK 6 Ambon.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini