Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dorong Pemulihan Ekonomi, LPEI Beri Pembiayaan UMKM Berorientasi Ekspor

Antara, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 620 2481452 dorong-pemulihan-ekonomi-lpei-beri-pembiayaan-umkm-berorientasi-ekspor-PfY1cLJxJz.jpeg UMKM berorientasi ekspor mendapat jaminan pembiayaan (Foto: Shutterstock)
A A A

JAKARTA – Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di kawasan Indonesia Timur memiliki peluang ekspor yang besar. Untuk itu Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) memberikan fasilitas Pembiayaan Khusus Ekspor (PKE) untuk UMKM berorientasi ekspor.

Corporate Secretary LPEI Agus Windiarto mengatakan LPEI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendapat penugasan khusus dari pemerintah untuk mendukung eksportir UMKM di masa pandemi dalam menghadapi krisis global akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga: Minta Kredit Modal Kerja UMKM Dipermudah, Menkop Teten: Bank Bisa Tiru Pinjol

"Dengan adanya program PKE UKM LPEI ini diharapkan dapat mendukung eksportir UMKM di Indonesia sehingga tetap dapat menjalankan kegiatan operasionalnya dan tetap memiliki daya saing," ujar Agus dilansir dari Antara, Selasa (5/10/2021).

Pemilik UMKM asal Makassar yang bergerak di bidang industri pembuatan kancing, Bertha Toding, mengatakan pandemi COVID-19 telah memberikan tantangan bagi pelaku usaha untuk mempertahankan kegiatan operasional agar tetap berjalan, menjaga tidak terjadi pengurangan karyawan, dan tetap harus mencari peluang atau pasar baru guna mempertahankan bisnisnya.

Baca Juga: Anti-Gaptek, 15,9 Juta UMKM Terhubung ke Ekosistem Digital

Menurut dia, pada awal pandemi belum merasakan dampak signifikan pada kegiatan usaha dan hanya adanya keterbatasan dalam pengiriman barang saja. Namun kemudian terjadinya penurunan permintaan dari para pelanggan dan saat ini,permintaan mulai meningkat kembali.

“LPEI datang dengan fasilitas PKE UKM LPEI ini sehingga kami merasa terbantu, terutama dalam menjaga cashflow, dan kami bertahan untuk tidak ada pengurangan jumlah karyawan, sehingga strategi perusahaan harus kami sesuaikan," ujar Bertha.

Follow Berita Okezone di Google News

Kevinindo telah melakukan ekspor kancing berbahan baku cangkang kerang ke mancanegara, mayoritas ke Korea Selatan, Jepang, dan Hong Kong. Selain itu produknya juga diminati pasar Eropa, terutama masyarakat yang sangat peduli lingkungan.

Perusahaan tersebut juga mempekerjakan sekitar 100 orang karyawan dengan 60% karyawannya adalah perempuan. "Pekerjaan ini dibutuhkan ketelitian karena harus melakukan sortir kancing berdasarkan ukurannya dan perempuan memiliki keahlian itu," kata Bertha.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini