Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mulai Beroperasi, PLTS Sei Mangkei Turunkan Emisi Karbon 1.300 Ton Setahun

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 620 2484453 mulai-beroperasi-plts-sei-mangkei-turunkan-emisi-karbon-1-300-ton-setahun-0goPg8Zc4W.jpg PLTS Atap (Foto: Okezone/Kementerian BUMN)
A A A

JAKARTA - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sei Mangkei telah berhasil untuk memenuhi target commercial operation date (COD) pada 24 Agustus 2021. PLTS ini merupakan kerja sama antara Pertamina NRE dan PTPN III.

PLTS ground mounted dengan kapasitas 2 MW tersebut menyuplai listrik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Sumatera Utara. PLTS Sei Mangkei diperkirakan dapat memproduksi listrik hingga 1,6 GW dalam setahun dan berpotensi menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 1.300 ton per tahunnya. Penurunan emisi tersebut setara dengan penyerapan CO2 59.000 pohon dewasa dalam setahun.

Baca Juga: Ridwan Kamil Targetkan Perbanyak PLTS di Jawa Barat

KEK Sei Mangkei merupakan KEK yang dikelola oleh PTPN III dan menjadi KEK pertama di Indonesia yang memiliki konsep green economic zone, yaitu mengutamakan pengembangan energi terbarukan, termasuk penggunaan energi untuk pembangkit listrik. Secara tradisional, kawasan industri merupakan penghasil emisi GRK dalam jumlah besar. Namun dengan konsep green economic zone, kegiatan industri di KEK Sei Mangkei diharapkan lebih ramah lingkungan.

"Transisi menuju energi bersih yang dilakukan Pertamina sejalan dengan konsep green economic zone KEK Sei Mangkei. Kami percaya industri dapat memberikan kontribusi besar bagi upaya dekarbonisasi, yaitu melalui pemanfaatan energi yang lebih bersih dan menurunkan emisi GRK dalam aktivitas bisnisnya," ungkap Dannif Danusaputro, Chief Executive Officer Pertamina NRE dikutip, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: 3 Alasan Proyek PLTS Dikebut

PLTS tersebut bukan satu-satunya pembangkit listrik energi terbarukan di Kawasan Sei Mangkei. Awal tahun lalu, bersama dengan PTPN III Pertamina NRE juga telah menyelesaikan proyek pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) berkapasitas 2,4 MW. Biogas yang digunakan berasal dari palm oil mill effluent (POME) atau limbah cair kelapa sawit. Bersama-sama, kedua pembangkit tersebut berpotensi menurunkan emisi karbon sebesar 71.300 ton per tahun.

Follow Berita Okezone di Google News

Direktur Utama Holding PTPN III Mohammad Abdul Ghani mengatakan, KEK Sei Mangkei merupakan kawasan industri yang didesain khusus dengan konsep green economic zone dimana penggunaan energi bersih menjadi prioritas utama dalam pengembangan kedepannya. Komitmen dalam penggunaan energi bersih direalisasikan melalui pengembangan sumber-sumber listrik berbasis Energi Baru Terbarukan antara lain pengembangan PLT Biomassa, PLT Biogas dan PLT Surya.

"Upaya-upaya tersebut sejalan dengan target pemerintah dalam mencapai bauran EBT sebesar 23% pada tahun 2025. Kami berharap kedepan KEK Sei Mangkei dapat menjadi salah satu contoh kawasan industri berwawasan lingkungan bagi kawasan industri lainnya," ungkapnya.

Pertamina agresif melakukan transisi energi sesuai rencana jangka panjangnya. Sebagai bagian dari praktek environment, social, and governance (ESG), Pertamina memiliki kepedulian bersama masyarakat global untuk menghambat laju perubahan iklim. Pertamina mendukung upaya pemerintah mencapai penurunan emisi GRK sebesar pada tahun 2030. Pertamina juga menargetkan sebesar 17% energi bersih dalam portofolio bisnisnya di tahun 2030.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini