Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biodata Ellya Khadam Pedangdut Boneka dari India, Ikon Google Doodle Hari Ini

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Sabtu 23 Oktober 2021 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 620 2490492 biodata-ellya-khadam-pedangdut-boneka-dari-india-ikon-google-doodle-hari-ini-ABAfX87q4q.jpg Google Doodle Ellya Khadam. (Foto: Instagram)
A A A

ELLYA Khadam, pelopor dangdut Indonesia menjadi ikon Google Doodle hari ini, Sabtu (23/10/2021). Rupanya tanggal 23 Oktober menjadi tanggal kelahiran sang pedangdut Boneka dari India.

Terlihat, pada halaman muka Google terdapat sederet peralatan musik yang membentuk tulisan Google. Kemudian, pada bagian huruf "O" kedua, terdapat ilustrasi Ellya Khadam dengan busana bak penyanyi India. Biduan legendaris ini memegang mike dan berpose layaknya penyanyi dari India. Doodle itu diilustrasikan oleh pria asal Semarang, Fatchurofi Muhammad.

Pedangdut bernama asli Siti Alya Husnah ini lahir di Jakarta pada tahun 1928 silam. Selama masa remajanya, Ellya bertetangga dengan penyanyi gaya musik pop Malaysia yang dikenal sebagai deli. Dia mengembangkan bakat musiknya dengan meniru genre tersebut, yang memungkinkan dirinya membuat nama untuk dirinya sendiri dengan bernyanyi di pesta pernikahan dan kemudian bergabung dengan musik lokal.

Baca Juga: Jessica Iskandar Peluk Erat El Barack saat Jadi Pengantin, Fotonya Mengandung Bawang

Nama Ellya Khadam menjadi terkenal sebagai penyanyi di Orkestra Melayu Kelana Ria selama tahun 1950-an, sebuah kolektif musik yang mendapat banyak inspirasi dari budaya dan musik India. Kariernya mencapai puncak saat merilis lagu hitsnya yang berjudul " Boneka India " pada tahun 1956, yang sekarang dianggap sebagai standar genre dangdut.

Follow Berita Okezone di Google News

Ellya mengungkapkan cintanya pada adat India tidak hanya dengan menggunakan ritme tabla India dalam lagu-lagunya, tetapi juga dengan mengenakan sari tradisional India dan mengenakan sindoor di dahinya.

Selain hasil musiknya, yang mempopulerkan dangdut dan menginspirasi generasi muda untuk membawa genre ini ke tingkat yang lebih tinggi, Khadam juga membintangi lusinan film hingga akhir 1970-an.

Hari ini, dangdut menampilkan budaya bangsa dalam skala global sebagai salah satu gaya musik paling populer di Indonesia. Bahkan di awal tahun ini telah mengukir debut bersejarah di atas panggung di Times Square New York.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini